Selasa 02 Feb 2016 06:59 WIB

Vaksin Zika Segera Hadir

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi gejala tertular virus Zika
Foto: Ist
Ilustrasi gejala tertular virus Zika

REPUBLIKA.CO.ID, WINNIPEG --Sebuah kabar gembira bagi masyarakat dunia terkait ancaman virus zika. Ilmuwan Kanada yang juga anggota konsorsium pengembangan vaksin, Gary Kobinger, mengaku tengah mempersiapkan vaksin zika. Vaksin untuk virus zika dapat digunakan untuk keadaan darurat sebelum akhir tahun ini. Hal tersebut dikemukakan pengembang vaksin untuk penyakit yang terkait dengan kecacatan kelahiran yang menimpa ribuan bayi itu.

Gary Kobinger mengaku, tahap pertama pengujian pada manusia bisa dilakukan paling cepat pada Agustus. Jika sukses, vaksin tersebut bisa digunakan untuk keadaan gawat darurat mulai Oktober atau November. 

"Hal pertama yang perlu disiapkan adalah kemungkinan terburuk," ujar Kobinger, seperti dikutip //Japan Times//, Jumat (29/1). Ilmuwan yang turut mengembangkan vaksin ebola itu mengaku akan segera mencarikan solusi untuk mengatasi penyakit zika. 

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) memiliki dua kandidat potensial vaksin zika. AS akan melakukan uji coba klinis kepada masyarakat pada akhir tahun, tapi tidak akan membuat vaksin tersebut secara luas untuk beberapa tahun ke depan. 

Presiden Direktur Inovio Pharmaceuticals Joseph Kim yang menjadi rekanan Kobinger mengaku, untuk membuat vaksin siap tahun ini, adalah keinginan yang agresif. Namun, hal itu memungkinkan. "Saya percaya ini akan segera berlanjut ke uji coba pada manusia. Kami percaya, kami terdepan untuk menyediakan vaksin zika," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement