Ahad 24 Jan 2016 08:02 WIB

Atasi Sakit Gigi dengan 5 Pengobatan Rumahan

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Cengkeh bermanfaat atasi sakit gigi.
Foto: wikimedia
Cengkeh bermanfaat atasi sakit gigi.

REPUBLIKA.CO.ID,  Terserang sakit gigi terdengar tidak begitu menghawatirkan untuk kondisi kesehatan. Hampir semua orang pernah menalami rasa nyut-nyutan dalam mulutnya.

Tapi jangan sangka, meski sakit gigi tergolong ringan, efek yang dihasilkan pada kehidupan sehari-hari begitu besar. Sebab, ketika sakit gigi menyerang, maka segala aktivitas akan terasa tidak nyaman dan malah mengesalkan.

Dikutip dari Reader's Digest, Ahad (24/1), berikut ini cara mengobati sakit gigi menggunakan bahan-bahan yang mudah dijumpai dalam rumah.

Minyak Cengkeh

Cengkeh adalah obat tradisional untuk mematikan saraf. Senyawa kimia utama dari rempah-rempah ini adalah eugenol, anestesi alami. Dengan senyawa yang cukup menyeramkan, penggunana minyak cengkeh harus hati-hati.

Menuangkan minyak pada daerah sakit secara langsung akan memperburuk rasa sakit jika menempatkannya pada jaringan gusi sensitif atau di lidah. Sebaliknya, tempatkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan gigi sampai rasa sakit surut.

Dalam keadaan darurat, bisa juga menggunakan sedikit bubuk cengkeh atau menempatkan cengkeh pada gigi yang sakit. Kunyah cengkeh sedikit untuk melepaskan minyak dan menyimpannya di tempat sakit sampai setengah jam atau sampai rasa sakit reda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement