Kamis 21 Jan 2016 12:18 WIB

Kenali Manfaat Hebat Teh Camellia Ini

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Bunga Teh Camellia
Foto: Megabored
Bunga Teh Camellia

REPUBLIKA.CO.ID, Camellia adalah jenis tanaman berbunga dari keluarga Theaceae. Tanaman ini dibudidayakan untuk produksi berbagai jenis teh. Produk teh yang diproses dari daun semak berwarna hijau terang itu sarat dengan nutrisi penting yang menjaga tubuh tetap sehat. 

Ingin tahu lebih banyak tentang manfaat kesehatan dari teh camellia? Berikut ini ulasannya seperti dilansir Megabored.

 

1. Menjaga Sistem Kardiovaskular

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menyebut teh camellia hijau memiliki kemampuan untuk meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular dengan menjaga pembuluh darah. Teh camellia juga mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas.

 

2.  Meredakan Stres

Bayangkan bersantai sambil minum secangkir teh setelah seharian bekerja keras. Sangat menyenangkan bukan? Apalagi, teh camellia mengandung nutrisi yang bisa menurunkan hormon stres kortisol dan mengurangi nyeri otot.

 

3.  Meningkatkan Energi

Semua teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis mengandung kafein, stimulan yang bisa meningkatkan energi. Jika Anda membutuhkan stok energi sepanjang hari, kami sarankan mengganti minuman berenergi dengan secangkir teh camellia.

 

4. Menguatkan Gigi

Teh camellia bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut karena tanamannya menyerap fluoride dari tanah dalam dosis yang tepat. Fluoride bisa membuat gigi terhindar dari plak, lubang, dan kerusakan. Teh juga menetralkan mikroba berbahaya di mulut untuk menyegarkan napas dan mencegah penyakit mulut.

 

5. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

 

Teh camellia bekerja dengan baik sebagai detoks di dalam usus yang melarutkan racun dalam tubuh menjadi limbah. Selain itu, teh yang diproduksi dari tanaman Camellia sinensis terbukti menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan memblok enzim penghasil lemak.

 

6. Meningkatkan Imunitas

Teh camellia penuh dengan phytochemical yang meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan senyawa antimikrobanya juga melindungi tubuh dari peradangan. Sebuah penelitian tahun 1995 menemukan bahwa teh camellia merangsang aktivitas sel darah putih sehingga membuat tubuh tahan terhadap penyakit umum.

 

7. Melindungi dari Kanker

Studi menunjukkan bahwa minum teh camellia secara teratur bisa mengurangi risiko kanker paru-paru. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cellular Biochemistry, peneliti menemukan bahwa tanaman camellia mengandung polifenol yang menghambat pembentukan tumor. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement