Selasa 12 Jan 2016 07:36 WIB

Hati-Hati Alami 4 Tanda Ini, Bisa Jadi Penyakit Serius

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Es batu
Foto: flickr
Es batu

REPUBLIKA.CO.ID, Mengejutkan ketika ada pasien mengalami positif kanker yang diketahui dari pemeriksaan kehamilan. Bahkan sebelumnya ada tanda-tanda mengejutkan lainnya yang salah dideteksi padahal menuju ke arah kondisi kesehatan serius.

Seperti dilansir Times of India, beberapa waktu lalu ketika Byron Geldard (18) pergi ke unit Teenage Cancer Trust di Cambridge Agustus lalu ia menderita sakit. Saat itu ia tidak mengira harus menerima anjuran untuk tes urin seperti tes kehamilan namun ternyata dari hal tersebut baru diketahui ia menderita kanker testis.

Hal tersebut mungkin terdengar aneh namun sering sekali penyakit muncul dari gejala yang nampaknya tidak berkaitan. Berikut beberapa tanda yang harus diperhatikan karena ada kemungkinan mengarah kepada penyakit serius.

Gejala: Sangat menginginkan es

Jika kehilangan nafsu makan namun lebih mempunyai selera untuk menginginkan es maka ada kemungkinan menderita anemia. Studi di Perancis (2005) dari American Journal of Medicine menyebutkan kelainan tersebut bisa dikatakan sebagai pica.

Dokter Hemant Thacker dari Rumah Sakit Jaslok mengatakan, hubungan antara kekurangan zat besi dan keinginan untuk mengonsumsi es sudah ditetapkan secara ilmiah. “Gejala hilang setelah masalah ini diatasi, kecuali tentu saja ada penundaan dan pica berubah menjadi kebiasaan,” kata Thacker. Sekitar 44 persen dari penderita anemia menginginkan es karena mencari bantuan untuk meredakan rasa sakit kronis atau lidah yang membengkak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement