Selasa 01 Dec 2015 16:31 WIB

Pertama Kali, Dokter Temukan Hernia Sebesar Bola Sepak

Rep: C23/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Hasil CT Scan hernia yang membesar hingga sebanding dengan ukuran bola sepak
Foto: Dailymail.co.uk
Hasil CT Scan hernia yang membesar hingga sebanding dengan ukuran bola sepak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hernia sebesar bola sepak di scortum seorang pria berusia 65 tahun berhasil diangkat melalui sebuah operasi di sebuah rumah sakit Maroko, Rabat. Sebelum hernia tersebut diangkat, pria tersebut mengalami kesulitan berjalan dan juga buang air kecil.

Selama 12 tahun, pria malang tersebut menderita penyakit hernia yang semakin lama semakin membesar. Pria tersebut sempat menolak untuk melakukan operasi untuk mengobati hernianya. Akan tetapi, karena penyakit hernia yang ia derita terus membesar hingga mencapai panjang 30 cm dan mencapai dengkulnya, pria tersebut setuju untuk melakukan operasi.

Melalui Journal of Medical reports, para dokter menggambarkan bahwa kasus hernia yang diderita pria tersebut merupakan kasus pertama dan belum pernah tercatat dalam literatur kesehatan sebelumnya. Jika tidak ditangani, beberapa kasus hernia dapat menyebabkan obstruksi usus atau terputusnya pasokan darah kepada jaringan yang terinfeksi.

Meski para dokter menemukan kulit di bagian scortum pria tersebut menebal, para dokter tidak menemukan adanya peradangan atau pemborokkan yang terjadi. Para dokter juga mengatakan penyakit yang dikenal sebagai giant inguinoscrotal hernia ini menimbulkan rasa sakit di bagian perut pria tersebut.

Para dokter menilai tindakan operasi untuk mengatasi giant inguinoscrotal hernia merupakan suatu tantangan bagi para dokter, bahkan bagi ahli bedah berpengalaman. Ini disebabkan oleh upaya mendorong kembali bagian dari hernia ke perut menimbulkan peningkatan tekanan yang tiba-tiba.

Peningkatan tekanan yang tiba-tiba ini yang kemudian menyebabkan risiko berhentinya jantung untuk berdetak, atau menyebabkan paru-paru tidak berfungsi optimal. Prosedur yang salah juga dapat menyebabkan hernia akan datang kembali dan menjangkit pria tersebut.

Pada saat operasi berlangsung, pria yang selama 12 tahun terakhir menderita akibat hernia ini diberikan bius total. Meski banyak tantangan yang dihadapi para dokter, operasi penanganan giant inguinoscrotal ini berjalan dengan lancar. Enam bulan pascaoperasi, para dokter merasa lega dan senang karena mendapati hernia yang sebelumnya di derita si pria berusia 65 tahun tersebut tidak kembali lagi.

Baca juga:

Hati-Hati! Mendengar Empat Musisi Ini Berisiko Alami Kecelakaan di Jalan

Ini Tips Sederhana Agar Cepat Pulih dari Cedera Otot

Riset Dihentikan Pemerintah, Warsito: Kita Seperti Anak yang Diusir Bapak!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement