Senin 30 Nov 2015 11:49 WIB

Suami Juga Jadi Sebab Istri Sulit Hamil

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari
Pasangan suami istri (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika
Pasangan suami istri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Maraknya kasus perceraian yang dialami pasangan suami istri kerap dilandasi akibat faktor sulit memiliki keturunan. Dalam kondisi tersebut, banyak pria yang menyalahkan wanita sebagai penyebab masalah tersebut.

Padahal, menurut dr Batara Imanuel Sirait, SpoG (K) FER, sebaiknya pria jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan tersebut sebelum melakukan pemeriksaan. Hal ini dikarenakan bisa jadi gangguan infertilitas yang menyebabkan sulit memiliki keturunan ini juga diakibatkan oleh pria itu sendiri.

"Penting diingat, sebanyak 35 persen faktor penyebab infertilitas ini disebabkan oleh pria. Barulah 50 persen disebabkan oleh wanita, sementara 15 persen lainnya diakibatkan oleh faktor yang belum diketahui penyebabnya," kata Batara.

(baca: Lakukan Tiga Hal Ini Agar Suami tidak Berpaling)

Selain itu, menurutnya, faktor umur seseorang juga sangat berpengaruh terhadap gangguan infertilitas. Semakin seseorang bertambah usia maka tingkat kesuburannya juga semakin berkurang.

Untuk mengurangi dampak infertilitas ini, ia mengungkapkan, perlu ada kerja sama dan dukungan antara suami dan istri, tidak merokok, mengurangi konsumsi kafein, serta mengurangi berat badan agar tidak mengalami kegemukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement