Senin 30 Nov 2015 09:51 WIB

Awas! Pil Kontrasepsi Ternyata Berbahaya

Rep: Puti Almas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kontrasepsi KB,pil KB.Suntik KB. (Republika/Musiron)
Foto: Republika/Musiron
Kontrasepsi KB,pil KB.Suntik KB. (Republika/Musiron)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak lama, pil kontrasepsi banyak digunakan oleh para perempuan yang telah berumah tangga. Di berbagai negara, pil yang juga dikenal dengan nama pil KB ini berfungsi mencegah kehamilan yang tak diinginkan.

Selain membantu mengendalikan jumlah populasi di dunia, pil KB juga memiliki manfaat lain bagi penggunanya. Diantaranya adalah mengurangi jumlah bulu yang kadang terdapat di bagian wajah, punggung, hingga payudara.

Namun, dikutip dari laman boldsky.com, dibalik manfaat tersebut, pil KB memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Salah satunya adalah bagi kecantikan perempuan.

Timbul Bintik Coklat

Tak jarang, pada kulit pengguna pil kontrasepsi timbul bintik-bintik kecoklatan. Tentunya, hal ini sangat mengganggu, terlebih bila muncul di bagian wajah.

sering ditemukan kasus bercak coklat ini muncul di bagian bibir atas perempuan. Tentu, para perempuan tak menginginkan adanya 'kumis' tambahan di wajah seperti itu bukan?

Bintik-bintik coklat juga tak jarang muncul di pipi bagian atas. Segera lakukan pemeriksaan di dokter, sebelum bintik-bintik ini terus bertambah dan membuat wajah Anda semakin gelap.

Sensitif Matahari

Pil KB tak jarang membuat penggunanya sensitif terhadap cahaya matahari. Sering kali, terjadi perubahan warna di bagian kulit yang terbuka saat  Anda pergi ke luar ruangan.

Kondisi ini juga dikenal dengan sebutan melasma. Ditandai dengan timbulnya bercak-bercak hitam pada hidung, dahi, pipi bagian atas, bibir, hingga daerah atas bibir.

Baca juga:

Anda takkan Percaya, Tapi Ini Kunci Sederhana Menjaga Pernikahan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement