Sabtu 28 Nov 2015 18:44 WIB

Sering di Depan Komputer? Awas Terkena Computer Vision Syndrome

Rep: C23/ Red: Yudha Manggala P Putra
Terlalu lama di depan komputer bisa menyebabkan terkena computer virus syndrome
Foto: reuters
Terlalu lama di depan komputer bisa menyebabkan terkena computer virus syndrome

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda yang biasa menatap layar komputer lama-lama perlu waspada. Karena jika dibiarkan terlalu intens, aktivitas itu bisa mengganggu kesehatan mata.

Menurut dokter spesialis mata Ferdiriva Hamzah, mereka yang terlalu lama bertatapan dengan layar komputer cenderung akan mengalami computer vision syndrome (CVS). CVS adalah keadaan ketika seseorang mengalami gangguan pandangan, seperti buram atau nanar.

Menurut Ferdiriva selain membuat pandangan buram, CVS, biasanya, juga menyebabkan mata menjadi perih atau terasa seperti terbakar. Hal itu terjadi karena kelembaban mata berkurang  akibat jarang berkedip. Ia menilai, ketika orang berhadapan dengan layar komputer atau laptop, mereka cenderung fokus dan lupa berkedip.

"Padahal dalam satu menit orang itu harus berkedip sebanyak 17 kali agar mata tetap lembab. Tapi kalau depan layar, biasanya orang hanya berkedip sebanyak tujuh kali.  Hal itu membuat kelembaban mata berkurang dan akhirnya menimbulkan rasa perih atau seperti terbakar," jelas Ferdiriva, Jumat (28/11).

Namun, lanjutnya, CVS hanya terjadi sementara atau tidak permanen.

Selain itu, tidak ada dampak atau penyakit lain yang dapat timbul karenanya. "Untuk memulihkannya kita hanya perlu istirahat sejenak, seperti tidur atau jalan-jalan ke luar ruangan," ujar dokter yang berpraktik di Jakarta Eye Center tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement