Jumat 27 Nov 2015 13:43 WIB

5 Manfaat Lain dari Berolahraga

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari
Berolahraga ringan seperti, jogging atau naik turun tangga sangatlah baik guna melindungi kesehatan jantung.
Foto: Republika/Prayogi
Berolahraga ringan seperti, jogging atau naik turun tangga sangatlah baik guna melindungi kesehatan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, Olahraga memiliki segudang manfaat. Aktivitas fisik yang rutin tidak hanya membuat tubuh bugar, tapi juga hati turut gembira.

Apa saja manfaat melakukan aktivitas fisik? Seperti dituturkan oleh dr Inggriani Husen, SpKO.

Bangun stamina

Melakukan aktivitas fisik yang ringan adalah titik awal yang baik untuk membangun stamina, sehingga seluruh anggota tubuh dapat terlatih dan bekerja dengan baik. Melakukan aktivitas ringan dengan berolahraga seperti bersepeda, berjalan dan lainnya juga dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Turunkan kolestrol

Berolahraga ringan seperti, jogging atau naik turun tangga sangatlah baik guna melindungi kesehatan jantung dan dapat menghindari seseorang terkena serangan jantung dan stroke. Fakta lainnya, berolahraga ringan secara rutin juga dapat membantu turunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.  

Obat dari segala macam penyakit

Bagi seseorang yang mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk, bisa jadi orang tersebut kemungkinan kurang melakukan aktivitas fisik. Sehingga virus mudah masuk ke dalam tubuh, padahal sudah banyak penelitian di Amerika yang menunjukkan bahwa olahraga merupakan obat yang berfungsi mencegah dan mengobati segala macam penyakit.

(baca: Olahraga Terbukti Percepat Kesembuhan)

Menurunkan berat badan

Melakukan aktivitas fisik berarti juga mengeluarkan keringat. Menurut Inge keringat merupakan salah satu cara yang baik untuk membakar lemak dan kalori di dalam tubuh. Sehingga, otomatis juga dapat menurunkan berat badan seseorang.

Membuang racun

Semua limbah beracun yang disimpan dalam tubuh akan dikeluarkan dan dibersihkan saat kita berkeringat ketika melakukan aktivitas fisik, melalui ginjal, hati, usus dan organ vital lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement