Rabu 25 Nov 2015 11:00 WIB

Ibu Hamil Boleh Ikut Yoga, Asal...

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Perempuan hamil sedang latihan yoga (ilustrasi)
Foto: eternalyoga.in
Perempuan hamil sedang latihan yoga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat hamil ada beberapa perempuan yang melakukan beragam upaya agar proses melahirkan nantinya lancar. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah yoga.

Menurut guru yoga asal Indonesia, Deera Dewi, yoga untuk ibu hamil disebut pre natal yoga. Yoga untuk ibu hamil umumnya sebagai persiapan menjelang kelahiran. Tujuannya agar lebih mudah ketika melahirkan

Salah satu latihan dalam pre natal yoga adalah olah pernapasan. "Karena dengan melatih pernapasan itu bagaimana kita bisa tenang dalam kondisi tidak nyaman," ujarnya saat ditemui Republika Online saat festival yoga, Namaste Festival di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya ibu melahirkan itu cenderung tegang. Daripada teriak, ujar dia akan lebih baik menarik nafas agar tenang. (Baca: Ini Pentingnya Ajari Kebersihan kepada Anak Sejak Dini)

Ketika sang ibu tenang maka seluruh otot dalam tubuh akan lebih rileks. Sehingga ketika melahirkan akan lebih tenang.

"Karena semakin kita tahan, makin tegang makin kencang makin susah keluarnya," ujarnya.

Namun, sebelum melakukan yoga hamil. Dia menyarankan agar ibu hamil mengonsultasikan dahulu dengan dokter. Periksa bagaimana kondisi kehamilannya.

"Perlu ada pemeriksaan dokter. Tanyakan dulu ke dokter boleh atau gak. Beberapa yang kalau bermasalah dengan kehamilannya atau ada beberapa bagian tubuh yang gak boleh, harus konsultasi dulu," ujarnya.

Perempuan yang mengajar kelas yoga di Gudang-gudang daerah Kemang ini menyarankan bagi yang tidak terbiasa makan akan lebih aman ketika memasuki trisemester pertama. Dalam artian setelah usia janin memasuki usia empat bulan.

Tapi kalau yang sudah biasa yoga, maka menurut dia takkan jadi masalah "Kalau sudah terbiasa yoga boleh, kalau tidak terbiasa yoga, lakukan yang basic. introduction dan breathing exercise. Supaya lebih tenang saat melahirkan," tambahnya.

Baca juga:

Wiiih... Satpam Imut Ini Buat Netizen Terpesona

Jangan Takut, Internet Punya Banyak Manfaat Positif untuk Anak

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement