Rabu 25 Nov 2015 06:13 WIB

Ternyata, Pria Pun Alami 'Datang Bulan'

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Perputaran siklus hormon ternyata membuat sejumlah pria merasakan gejala yang dialami saat menstruasi di Kaum Hawa.
Foto: flickr
Perputaran siklus hormon ternyata membuat sejumlah pria merasakan gejala yang dialami saat menstruasi di Kaum Hawa.

REPUBLIKA.CO.ID, Bukan hanya wanita saja yang mengalami datang bulan, pria pun sebenarnya mengalami 'datang bulan' dalam versinya sendiri. 'Datang Bulan' versi pria ini kerap disebut oleh para ahli sebagai Irritable Male Syndrome (IMS).

Gejala 'datang bulan' pria yang disebut IMS ini kerap ditandai dengan emosi pria yang naik turun. Mengalami mood swing pada saat pria mengalami IMS, membuat pria mudah marah karena hal-hal yang sebenarnya remeh.

Meski 'datang bulan' versi pria ini bukan sesuatu yang familiar untuk masyarakat umum, survei menunjukkan bahwa seperempat dari pria Inggris menyakini bahwa mereka mengalami 'datang bulan' atau IMS. Survei yang melibatkan 2.412 pria dan wanita ini menunjukkan bahwa 26 persen pria merasa pernah merasakan apa yang biasa dikenal sebagai pertanda datang bulan. Pertanda tersebut di antaranya merasa capai, keram dan sensitivitas meningkat.

Di samping itu, 43 persen dari para wanita Inggris juga merasa bahwa kekasih mereka mengalami IMS. Ketika kekasih mereka mengalami hal tersebut, para wanita ini mengaku membantu kekasih mereka dari simptom 'datang bulan' pria mereka.

(baca: Tubuh Ideal Pria? Ini Cara Wujudkannya)

Para pria yang merasa mengalami IMS mengatakan 56 persen di antaranya menjadi cepat marah. 51 persen dari pria tersebut di saat yang sama juga merasakan rasa capek yang lebih dari biasanya. Kemudian 47 persen di antara pria tersebut juga merasa mengalami mengidam dan 43 persen di antara mereka merasa lapar sekaligus mudah marah.

Terapis Jed Diamond menyakini bahwa 'datang bulan' versi pria memang terjadi. Hal ini dikarenakan pria juga memiliki siklus hormon seperti halnya wanita. Diamond mengatakan ada dua periode krusial saat hormon pria berganti. Kedua periode tersebut yaitu pada saat pria masih remaja dan ketika memasuki tahap dewasa muda atau setengah baya.

Diamond juga menjelaskan bahwa IMS dikategorikan sebagai depresi, kemarahan, kemurungan, kecemasan, kelesuan, kerendahan libido dan kebingungan. Oleh karena itu IMS, lanjut Diamond berpotensi untuk mendatangkan masalah dalam hubungan pria dengan pasangan atau orang terdekatnya.

"Pria mungkin tidak dapat mengandung bayi dan memiliki siklus datang bulan sepert wanita, tetapi pria juga mengalami perubahan hormonal yang sama seperti wanita," jelas Diamond, dikutip dari Daily Beast.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement