Rabu 18 Nov 2015 07:47 WIB

Jauhi Rokok, Cara Ampuh Cegah Kanker

Cegah kanker sejak dini
Foto: Boldsky
Cegah kanker sejak dini

REPUBLIKA.CO.ID, Kanker salah satu penyakit mematikan dunia yang belum ditemukan obatnya ini menjadi momok menakutkan di kalangan masyarakat dunia. Bahkan, angka kematian dari penyakit ini setiap tahun masih tinggi.

Meski demikian, penyakit tersebut masih bisa dicegah atau dihindari dengan cara hidup sehat. Salah satunya adalah menjauhi rokok. Bukan hanya itu saja, dilansir dari laman Boldsky Rabu (18/11) beberapa cara ini ampuh mencegah penyakit mematikan tersebut.

Jauhi alkohol

Selain dilarang oleh agama, alkohol menjadi salah satu penyebab terkena risiko kanker paru-paru, kanker tenggorokan, dan kanker oesophagus. Ada baiknya Anda berhenti mengonsumsi minuman ini sesegera mungkin.

Hindari rokok

Tahukah Anda bahwa ujung rokok yang mempunyai rasa manis itu, ternyata dapat menyebabkan Anda terkena risiko kanker? Para perokok berisiko terkena kanker paru-paru, kanker mulut, dan kanker tenggorokan sebesar 20 hingga 40 kali daripada para non-perokok. Jadi, lupakan rokok sekarang juga.

(Baca juga: Awas! Kentang dan Roti Panggang Tingkatkan Risiko Kanker)

Olahraga rutin

Berolahraga secara rutin dapat mencegah terkena risiko kanker. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti jogging atau berat sekalipun. Olahraga selain membuat tubuh tetap aktif, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan dapat menimbulkan risiko terkena kanker pankreas, kanker ginjal, bahkan kanker payudara. Maka, jaga terus berat badan Anda untuk tetap ideal.

(Baca juga: Kanker Hati Banyak Diderita Orang Asia)

Konsumsi buah dan sayuran

Mengonsumsi sayuran dan buah setiap hari dapat membantu Anda mencegah kanker. Kandungan tinggi protein dan vitamin pada sayuran dan buah membantu tubuh membuang racun sekaligus melindungi dari penyakit berbahaya seperti kanker.

(Baca juga: Kenali Penyakit Kanker dan Penyebabnya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement