Kamis 05 Nov 2015 09:14 WIB

Lima Makanan yang Haram Dimakan Mentah, Telur Salah Satunya

Rep: MGROL50/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Daging ayam yang dijual di pasar tradisional.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Daging ayam yang dijual di pasar tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menyantap makanan ternyata tidak boleh sembarangan. Memang, terdapat beberapa makanan yang aman disantap dalam keadaan mentah, namun tidak semua.

Ada juga makanan yang justru menjadi bahaya jika disantap mentah. Jadi sangat haram apabila Anda konsumsi saat mentah, dan tentu mengakibatkan Anda penikmatnya mengalami masalah kesehatan yang cukup serius.

Dikutip dari The Daily Meal (4/11), berikut makanan yang haram dimakan mentah.

Ayam

Daging ayam tidak boleh disantap dalam keadaan setengah matang, apalagi mentah. Banyak bakteri yang menempel dalam ayam mentah sehingga tak aman jika disantap langsung. Bakteri akan mati jika ayam dimasak hingga matang setidaknya dengan suhu 165 derajat Celsius. Cara pemanasan ayam ini bisa membuat bakteri mati dan ayam aman untuk dimakan.

Sayuran chaya

Di Yucatan, chaya termasuk makanan super. Chaya yang berupa daun ini adalah makanan favorit bangsa suku Maya. Chaya mirip seperti bayam tetapi kandungan nutrisinya jauh lebih besar.

Chaya termasuk salah satu makanan yang berbahaya jika disantap dalam keadaan mentah karena mengandung racun sianida yang cukup tinggi dan bisa berefek pada kematian. Tapi racun ini akan hilang saat chaya sudah dimasak, setidaknya merebus sekira lima menit untuk menetralkan toksin.

Singkong

Sama halnya seperti chaya, singkong juga mengandung racun sianida atau glikosida sianogen tepatnya. Tingginya kadar toksin ini yang menyebabkan singkong tak boleh serta merta dimakan dalam keadaan mentah tanpa diolah terlebih dahulu.

Singkong bisa dimasak dengan berbagai cara, sebaiknya langsung masak singkong sesaat setelah panen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement