Selasa 13 Oct 2015 06:44 WIB

Empat Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Sunat Dewasa

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Manfaat sunat dari segi kesehatan membuat makin banyak pria dewasa melakukan tindakan medis ini.
Foto: pixabay
Manfaat sunat dari segi kesehatan membuat makin banyak pria dewasa melakukan tindakan medis ini.

REPUBLIKA.CO.ID, Anak-anak biasanya disunat karena dorongan orang tuanya. Berbeda dengan pria dewasa yang melakukan sunat karena dorongan ingin lebih sehat.

Sunat di usia dewasa memang membuat mereka malu. Tindakan medis ini pun dipilih dilakukan secara diam-diam.

Nah, sebenarnya sebelum sunat saat dewasa, hal apa sajakah yang harus dipersiapkan?

Menurut pakar sunat dewasa dari Rumah Sunatan, dr Muhammad Zaiem, hal pertama yang harus disiapkan adalah mental. Mental harus siap, jangan sampai gelisah. Karena saat sunat dilakukan bius lokal. "Jika pasien gelisah, maka akan sulit dilakukan," jelasnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Persiapan kedua, dokter akan menganalisa apakah pasien tersebut memiliki riwayat penyakit. Penyakit gula misalnya atau penyakit lainnya. Akan dilakukan cek gula darah dan fungsi pembekuan darah.

Persiapan ketiga adalah membuang rambut kemaluan. Ini akan mengurangi risiko infeksi. Karena daerah kemaluan adalah daerah yang lembab. Jadi harus dijaga kebersihannya.

Persiapan keempat tentu saja biaya. Jika di rumah sakit tentu biayanya jauh lebih malah dibanding klinik sunat. Di Rumah Sunatan, biaya untuk sunat anak sekitar Rp 1,4 juta. Sedangkan untuk sunat dewasa sekitar Rp 2,45 juta. Sedangkan di rumah sakit biaya sekitar Rp 5 juta sampai Rp 6 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement