Rabu 07 Oct 2015 12:40 WIB

Faktor Genetik Dianggap Sebabkan Penyakit Jantung

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Jantung
Jantung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut spesialis penyakit jantung dan kardiologis Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), dr Djoko Maryono, DsPD, DsPJ, FIHA faktor lain yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke diantaranya adalah faktor genetik.

Namun, penularan melalui faktor genetik ini dapat dicegah dengan pola hidup sehat. "Menjaga makanan, menjaga berat badan dan memeriksakan kadar gula dalam darah secara rutin ke dokter dapat membantu menekan angka penyakit jantung dan kolesterol akibat faktor genetik. Kolesterol dalam tubuh itu penting, tapi kalau kadarnya sudah lebih dari 200, maka patut untuk di waspadai," ungkapnya dalam acara media gathering peluncuran kampanye Kebiasaan Baru Turunkan Kolesterol yang dilaksanakan oleh Tempo Scan, belum lama ini.

 

Selain itu, Djoko juga menyarankan agar kita senantiasa berolahraga ringan minimal selama 30 menit. Olahraga di 15 menit pertama dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, sedangkan di 15 menit berikutnya dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Olahraga yang disarankan juga cukup berjalan sehat, berenang dan bersepeda.

 

Sementara itu, bagi aktor dan komedian Vincent Rompies yang juga hadir dalam acara tersebut, dalam mengontrol makanan menjadi sesuatu yang menyulitkan baginya. Untuk itu, ia pun menyadari dan mengubah pola hidupnya agar lebih sehat dan jauh dari kedua penyakit mematikan tersebut.

 

"Belakangan kolesterol saya cukup tinggi, selain berusaha mengontrol makanan dan berolahraga rutin. Saya juga kerap mengkonsumsi suplemen yang mengandung phytosterol, guna menekan angka kolesterol jahat di dalam tubuh saya," ungkap bapak tiga anak ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement