Rabu 16 Sep 2015 08:32 WIB

5 Tanda Anda Terjangkit Kanker

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Kanker merupakan isu serius yang harus ditanggapi negara Asean, fakta menunjukkan keluarga penderita menderita kebangkrutan akibat penyakit ini.
Foto: EPA
Kanker merupakan isu serius yang harus ditanggapi negara Asean, fakta menunjukkan keluarga penderita menderita kebangkrutan akibat penyakit ini.

REPUBLIKA.CO.ID, Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Anda harus mengetahui tanda-tanda megenai penyakit ini.

Jika tidak, kanker akan tumbuh menjadi lebih parah, bahkan bisa sewaktu-waktu mengancam nyawa Anda. Para ahli sudah memperingatkan bahwa jika Anda melihat adanya perubahan pada tubuh Anda atau merasa aneh, maka Anda harus segera mengonsultasikannya ke dokter.

Dilansir TimesofIndia Rabu (16/9) berikut 5 tanda bahwa Anda terkena penyakit kanker

 

Kehilangan berat badan

Jika Anda kehilangan berat badan karena sedang berdiet atau berolahraga, itu normal. Tetapi jika tiba-tiba berat badan Anda tanpa melakukan diet berkurang drastis, bisa jadi ini adalah tanda kanker pankreas dan perut.

Demam

Demam persisten mungkin merupakan tanda awal kanker darah seperti limfoma atau leukemia. Jika Anda mengalami demam persisten, Anda harus segera pergi ke dokter. Bahkan jika itu bukan kanker, hal itu harus tetap ditangani secara serius.

Rasa nyeri

Meskipun rasa nyeri dapat memiliki banyak penyebab, namun jika Anda merasakan sakit nyeri di kepala terus-menerus, dapat menjadi tanda awal dari kanker otak. Sedangkan jika Anda sering merasakan sakit punggung hal itu bisa menjadi tanda kanker rektum atau ovarium.

Batuk terus menerus

Jika Anda mengalami batuk atau suara serak dan tidak pernah sembuh, itu bisa menjadi tanda kanker paru-paru atau laring. Walaupun, hal ini lebih mungkin bahwa Anda mengalami alergi musiman, tetapi pergilah ke dokter untuk memastikannya.

Benjolan di tubuh

Jika Anda menemukan benjolan pada di kulit, waspadalah. Terutama jika benjolan tersebut terdapat di payudara, testis, atau kelenjar getah bening. Bisa jadi ini penyebab atau awal mula bertumbuhnya kanker.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement