Rabu 09 Sep 2015 06:00 WIB

Terlalu Rajin Menyikat Sebabkan Gigi Rusak

Rep: C18/ Red: Winda Destiana Putri
Sikat gigi
Foto: mirror.co.uk
Sikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin Anda berfikir semakin sering menyikat gigi akan meningkatkan kesehatan gigi. Kenyataannya, terlalu banyak menyikat gigi justru malah merusak gigi Anda.

Hal ini diungkapkan prakstisi kesehatan gigi, dokter Deasy. "Karena kalau terlalu sering apalagi di sikat keras-keras akan merusak lapisan email gigi," terang dokter Deasy di Jakarta.

Deasy menjelaskan menyikat gigi dengan keras memang membuat gigi terlihat bersih. Namun, lanjutnya, menyikat dengan keras itu juga membuat lapisan email gigi terangkat dan gigi menjadi haus.

Meski demikian dokter Deasy juga tidak menyalakan kalau seseorang menyikat gigi tiga kali sehari atau lebih. Katanya, merawat gigi juga sebaiknya dilakukan setelah mengonsumsi makanan.

"Sehabis makan menyikat gigi itu memang bagus dan memang seharusnya seperti itu, tapi dengan catatan sikat yang digunakan itu harus lembut sekali," terangnya.

Deasy mengatakan menjaga kebersihan gigi itu sebaiknya dilakukan dua kali sehari saat pagi dan sebelum tidur. Pasalnya, jelas Deasy, perwatan gigi yang sudah terlanjur mengalami kerusakan bakal menghabiskan biaya yang relatif tinggi.

"Jadi menyikat gigi lebih dari tiga kali itu hanya bonus. Dua kali sebenarnya sudah cukup."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement