Sabtu 05 Sep 2015 07:03 WIB

Hati-Hati, Diet Bisa Picu Nafsu Makan Tinggi

Rep: Sapto Andika/ Red: Indah Wulandari
Mogok makan diet anti gemuk makanan coklat (ilustras)
Foto: Republika/Prayogi
Mogok makan diet anti gemuk makanan coklat (ilustras)

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Kebanyakan dari kita tahu bahwa cara terbaik untuk menurunkan berat badan yang berlebih adalah dengan menjaga pola makan, termasuk mengurangi makan makanan dengan lemak dan kalori berlebihan.

Namun, seperti dilansir dari laman Independent, penelitian terbaru yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity di Inggris justru merilis bahwa orang akan cenderung makan lebih banyak makanan ketika stres memikirkan dietnya.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 14 ribu responden dewasa di Inggris dan Amerika Serikat.

Peneliti meminta responden untuk menimbang berat badan mereka. Hasilnya, mereka yang menyadari memiliki masalah obesitas justru malah makan lebih banyak dibanding sebelumnya. Kondisi stress justru memicu nafsu makan yang tinggi.

Penelitian ini mencakup berbagai tingkat obesitas, baik masih ringan ataupun sudah berat.

Inggris sendiri memiliki tingkat kasus obesitas tertinggi di Eropa Barat. Diperkirakan sekitar 10 persen dari orang dewasa dan remaja doyan makan makanan cepat saji.

Menurut NHS, tingkat obesitas memiliki lebih dari tiga kali lipat dalam 30 tahun terakhir dan lebih dari setengah dari populasi bisa menjadi gemuk pada tahun 2050.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement