Kamis 03 Sep 2015 06:20 WIB

Waspada, Kacang Jenis Ini Bisa Sebabkan Kanker

Rep: C04/ Red: Indira Rezkisari
Kacang Tanah
Foto: Antara
Kacang Tanah

REPUBLIKA.CO.ID, Kacang merupakan sumber protein nabati yang menyehatkan. Fungsinya juga cukup penting guna melengkapi penerapan gizi seimbang. 

Tapi tidak semua kacang bisa bisa disantap bebas. Kacang tanah misalnya harus diwaspadai konsumsinya. Terutama untuk kacang tanah yang berjamur, sebaiknya tidak dikonsumsi lagi karena bersifat karsinogenik yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada manusia.

Jenis jamur yang kerap bersarang pada kacang tanah bernama Aspergillus Flavus. Jamur ini juga menghasilkan racun yang disebut Alfatoksin. Sayangnya, menurut Medical Information Senior Manager Kalbe dr Kupiya Timbul Wahyudi, melakukan pencucian sebersih apapun pada kacang tanah tidak akan menghilangkan jamur yang menempel pada kacang. Termasuk walau kacang sudah direbus atau digoreng sekalipun.

"Belum ada risetnya apakah kalau digoreng jamurnya juga mati. Tapi lebih baik kacang yang sudah berjamur tersebut jangan dikonsumsi," katanya.

Namun, menurutnya masyarakat tidak perlu khawatir karena jenis jamur ini baru akan menimbulkan kanker pada tubuh jika kita sering mengonsumsi kacang tanah yang berjamur. Karena itu penting untuk lebih mewaspadai makanan apa yang baik bagi tubuh.

"Untuk bisa menjadi kanker, risiko terkena kanker (karsinogenik) perlu dalam jumlah yang banyak dan konstan yang bersifat terus-menerus. Setiap makanan yang kita konsumsi juga bisa saja memicu kanker, itu sebabnya penting untuk lebih teliti dalam memilih makanan yang hendak kita konsumsi," katanya memaparkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement