Rabu 02 Sep 2015 13:34 WIB

September Ini Monas Berwarna Ungu, Ada Apa?

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari
Monas
Foto: Antara/Genadi Adha
Monas

REPUBLIKA.CO.ID, Di September ini, cahaya ungu akan menyinari Monas pada malam hari. Kegiatan ini sebagai penanda dimulainya Bulan Alzheimer Dunia di Jakarta.

Executive Director Alzheimer’s Indonesia DY Suharya mengatakan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya yang telah mendukung penuh kampanye alzheimer secara konkrit dengan memfasilitasi berbagai kegiatan kampanye kesadaran akan penyakit Demensia Alzheimer dan berbagai tindakan untuk mengurangi risikonya sejak dini di Indonesia. Selain lampu monas berwarna ungu, Pemprov DKI Jakarta juga melalui komitmen dan dukungan Kepala Dinas Pajak Bapak Agus Bambang akan memasang informasi video sepuluh gejala Alzheimer yang diputar lebih dari 30 titik videotron di DKI Jakarta sepanjang September 2015.

"Kami mengapresiasi komitmen Bapak Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang konsisten mendukung berbagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran pencegahan penyakit Demensia Alzheimer sejak September 2013 hingga saat ini, kata DY Suharya, Rabu (2/9).

Pemprov DKI Jakarta juga memberikan dukungan melalui Dinas Pendidikan yang telah memasukkan materi sosialiasi gejala Alzheimer ke dalam Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB), dimana sekitar 10 ribu siswa SMP, SMA, SMK di lima wilayah DKI Jakarta sejak akhir Juli lalu mendapatkan sosialisasi dan pemahaman mengenai sepuluh gejala Alzheimer dan berbagai tindakan untuk mengurangi risikonya sejak dini.

DY menjelaskan peringatan bulan Alzheimer dunia di Jakarta akan fokus dalam dua kegiatan utama, yaitu 11 September 2015  dimana Executive Director Alzheimer’s Disease International, Marc Wortmann akan mengunjungi langsung Balaikota DKI Jakarta untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Bapak Basuki Tjahaja Purnama. Kunjungan tersebut dimaksudkan atas usahanya yang konsisten untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota ramah Demensia dan ramah lansia (age friendly city and Dementia friendly city). 

Kegiatan kedua adalah Kegiatan Peduli Alzheimer #MelawanPikun! Bertempat di Monas pintu barat daya dan Car Free Day Thamrin, area Balai Kota Medan Merdeka Selatan dan sekitarnya, Minggu pagi 27 September 2015. Alzheimer’s Indonesia yang didukung Pemprov DKI serta berbagai stakeholders lainnya seperti CIMB Niaga, Maverick, UFM, Rukun Senior Living, Indonesia Sports Medicine Centre, Prodia, Eisai dan private sector peduli Alzheimer lainnya akan melakukan berbagai kegiatan seperti jalan sehat, deteksi dini penyakit Alzheimer, poco-poco, senam kesegaran jasmani dan gerak latih otak bersama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement