Rabu 02 Sep 2015 10:04 WIB

Gaya Hidup Ini Bisa Menguras Energi Anda

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Menghabiskan waktu berjam-jam dengan duduk melamun membuat tubuh Anda mudah lelah.
Foto: petapixel
Menghabiskan waktu berjam-jam dengan duduk melamun membuat tubuh Anda mudah lelah.

REPUBLIKA.CO.ID, Kelelahan menunjukkan ada sesuatu yang salah dalam tubuh kita, sama halnya dengan rasa sakit atau demam. Banyak gaya hidup yang membuat energi terkuras percuma dan berujung pada kelelahan. 

Penulis buku 'The Exhaustion Breakthrough,' Dr Holly Phillips memaparkan sembilan gaya hidup yang menguras energi dan sebaiknya dihindari, dilansir dari Fashion Spot, Rabu (2/9).

Tidur tak teratur

Tidur yang baik itu adalah tidur secara teratur pada waktu yang sama. Jika Anda tidur pada jam yang berbeda-beda, meskipun jumlah jamnya sama, akan mengganggu irama tubuh Anda.

Makan buruk 

Hindari junk food, makanan manis, atau makanan cepat saji lainnya. Ini akan membuat gula darah Anda turun naik seperti roller coaster dan merampas energi Anda dalam waktu singkat. Jika Anda mudah lapar, siapkan makanan atau kudapan sehat, seperti buah warna-warni dan sayuran.

Terlalu banyak pikiran

Terlalu banyak pikiran bisa menjadi bencana, yaitu membuat masalah yang Anda hadapi lebih buruk dan menguras energi. Selesaikan masalah Anda secara perlahan dan jangan berpikir terlampau berat.

Melamun

Menghabiskan waktu berjam-jam dengan duduk melamun membuat tubuh Anda mudah lelah. Ketika Anda melamun, sistem pernapasan dan jantung Anda melambat sehingga sirkulasi tubuh ikut melambat. Oksigen di dalam tubuh kurang sehingga nutrisi yang mengalir dalam darah berkurang.

Sebaiknya berolah raga 30 menit setiap hari dalam sepekan. Bangun dan bergeraklah sepanjang hari. Jangan kebanyakan duduk, melainkan sesekali regangkan otot, berjalan-jalan, atau menghampiri teman di kantor untuk menyampaikan pesan ketimbang berkomunikasi menggunakan telepon.

Kurang minum

Banyak orang beraktivitas dalam kondisi dehidrasi. Kekurangan cairan membuat tubuh mudah lelah, mood rusak, sakit kepala, dan susah fokus. Dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah dan membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk mendorong oksigen dan nutrisi melalui aliran darah ke otak, kulit, dan otot. Bawalah botol air isi ulang secara teratur kemana pun Anda pergi. Konsumsilah air putih setidaknya delapan gelas sehari. Akan lebih baik jika Anda memasukkan irisan lemon atau jeruk nipis ke dalamnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement