Selasa 01 Sep 2015 07:39 WIB

Panduan Sehat untuk Kulit Kinclong (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah
Kulit sehat lebih penting daripada kulit putih
Foto: tescomagazine.com
Kulit sehat lebih penting daripada kulit putih

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Sepanjang 2015 ini ada berton-ton produk kecantikan di pasar yang mempromosikan khasiatnya untuk kesehatan kulit. Selain memperhatikan produk, anda seharusnya juga memperhatikan apa yang anda makan.

Ada makanan tertentu yang membantu melawan infeksi bakteri, melembabkan kulit dari dalam, bahkan mengurangi kemerahan pada kulit. Namun, sangat penting untuk mengetahui kandungan yang diperlukan tubuh supaya menghasilkan kulit kinclong, seperti dilansir dari Fashion Spot, Selasa (1/9).

Vitamin A

Jika tubuh Anda tak cukup vitamin A, maka tubuh akan memproduksi lipid berlebih yang akhirnya menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Untuk menghindari hal ini, Anda sebaiknya mengonsumsi wortel, ubi jalar, melon, dan labu. Aturan praktis lainnya adalah memakan makanan yang mengandung beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A ketika dicerna.

Serat

Makanan kaya serat adalah menu wajib dalam diet Anda. Serat membantu membuang racun dari dalam tubuh dan melawan infeksi kulit. Serat yang direkomendasikan antara lain kacang-kacangan dan biji-bijian. Ada juga serat dari buah, seperti raspberry dan blackberry.

Vitamin C

Kudapan tinggi vitamin C akan membantu membersihkan kulit dan menghilangkan racun yang tak diinginkan. Brokoli, stroberi, dan raspberry semuanya adalah pilihan lezat untuk ditambahkan dalam keranjang belanja Anda.

Omega-3

Jika kulit Anda kering, cobalah makan lebih banyak makanan yang mengandung omega-3. Mereka tidak hanya membantu melembabkan kulit, namun mempertahankan keremajaan kulit. Sumbernya antara lain salmon, biji chia, dan kenari. Biji-bijian ini cocok dijadikan topping salad atau yoghurt.

Selenium

Makan makanan yang kadar seleniumnya tinggi membantu memelihara elastisitas kulit. Selenium juga mengurangi kerusakan kulit akibat inflamasi. Pilihan seperti quinona, beras merah, kacang brasil, dan roti gandum sangat tepat. Jika Anda tak suka, zat ini juga bisa diperoleh dari tiram, kerang, dan tuna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement