Selasa 01 Sep 2015 08:05 WIB

Mitos dan Fakta Tentang Diabetes

Rep: C04/ Red: Winda Destiana Putri
Diabetes
Diabetes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak mitos dan fakta yang beredar tentang diabetes sehingga seringkali diabetes tidak dianggap sebagai penyakit yang serius dan dapat menyebabkan kematian.

Mitos-mitos ini menciptakan gambaran akan diabetes yang kurang tepat dan penuh dengan kontroversi :

MITOS: Diabetes bukan penyakit serius

FAKTA: Apabila ditangani secara benar, diabetes tidak akan menyebabkan komplikasi berbahaya yang dapat merusak organ seperti mata, jantung, peredaran darah, sistem saraf, gigi dan gusi, kaki dan kulit, atau ginjal. Tapi pada kenyataannya diabetes menyebabkan kematian lebih banyak daripada kanker payudara dan AIDS. Dua dari tiga orang penderita diabetes mati akibat serangan jantung atau stroke.

MITOS: Jika kita gemuk atau memiliki berat badan diatas rata-rata dengan indeks massa tubuh 25-29.9 atau lebih, maka pasti pada akhirnya akan mengidap diabetes tipe 2.

FAKTA : Kegemukan adalah salah satu faktor risiko penyakit ini, tapi ada juga faktor lain yang harus diperhitungkan seperti faktor keturunan, etnis, dan usia. Ada banyak orang gemuk tidak mengidap diabetes tipe 2.

MITOS: Makan terlalu banyak gula dapat menyebabkan diabetes

FAKTA: Tidak sesederhana itu. Tingginya gula darah pada penderita diabetes tipe 1 disebabkan oleh kurangnya insulin. Dan ini adalah faktor genetik yang belum diketahui sebabnya. Sementara diabetes tipe 2 disebabkan oleh banyak faktor risiko: kegemukan, keturunan, etnis, dan usia.

MITOS: Penderita diabetes hanya dapat makan makanan khusus untuk diabetes

FAKTA: Pola makan yang sehat untuk penderita diabetes pada dasarnya sama dengan pola makan sehat untuk siapapun, hanya saja penderita harus memperhatikan beberapa kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut, seperti makanan harus rendah lemak jenuh, garam dan gula yang tidak berlebihan, protein daging tanpa lemak, sayur-sayuran, gandum, dan buah-buahan.

MITOS: Diabetes dapat ditularkan

FAKTA: Diabetes bukan penyakit menular, tapi lebih ke penyakit yang berhubungan dengan genetik dan gaya hidup, terutama bagi diabetes tipe 2.

MITOS: Diabetes hanya dapat diderita oleh orang yang sudah berumur

FAKTA : Salah! Penderita diabetes dapat berusia berapa pun juga.

MITOS: Diabetes bukan penyakit mematikan

FAKTA: Salah! Diabetes adalah salah satu penyakit yang mengakibatkan kematian di seluruh dunia, bersaing dengan HIV/AIDS sebagai penyebab kematian. Penyakit ini membunuh lebih dari 4 juta orang setiap tahun. Setiap 7 detik, satu orang meninggal dunia akibat penyakit yang berhubungan dengan diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement