Selasa 01 Sep 2015 05:50 WIB

Amuba Pemakan Otak Bunuh Remaja Asal Texas

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Michael Riley Jr
Foto: outbreaknewstoday
Michael Riley Jr

REPUBLIKA.CO.ID, Amuba pemakan otak, mengerikan ya. Seperti kisah-kisah fiksi penyakit ini nyata adanya. Seorang remaja Texas, AS, meninggal setelah terjangkit amuba yang menggerogoti otaknya. Penyakit ini, dikutip dari Reuters, Selasa (1/9), bernama Amoebic Meningoencephalitis atau disebut dengan amuba pemakan otak. Remaja ini sebelumnya berenang di danau sekitar 110 km utara dari Houston.

Michael Riley Jr (14 tahun) tampaknya tertular penyakit itu setelah dia pergi berenang pada 13 Agustus lalu dengan tim track sekolahnya.

Seorang juru bicara untuk Rumah Sakit Anak Texas, tempat Riley dirawat, menolak memberikan keterangan apapun dengan alasan kondisi medis pasien adalah rahasia.

Amuba tersebut umumnya ditemukan di air tawar hangat seperti danau, sungai dan sumber air panas, serta tanah. Amuba biasanya menginfeksi orang ketika air yang terkontaminasi masuk ke dalam tubuh melalui hidung. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular penyakit amuba pemakan otak ini amat langka.

Organisme ini paling sering ditemui di Amerika Serikat bagian selatan selama musim panas, ketika suhu tertinggi. Sebanyak 133 orang diketahui telah terinfeksi penyakit ini di Amerika Serikat sejak tahun 1962. Diantaranya hanya tiga yang selamat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement