Senin 31 Aug 2015 00:45 WIB

Wow, Aplikasi Bikinan Anak Bangsa Ini Mampu Deteksi Penyakit

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Winda Destiana Putri
aplikasi ponsel semakin mempermudah masyarakat dalam beraktivitas
Foto: Republika/Dwi
aplikasi ponsel semakin mempermudah masyarakat dalam beraktivitas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Satu lagi karya membanggakan buatan anak bangsa. Adalah ApaSakitKu, sebuah aplikasi android pertama di Indonesia yang mampu mendeteksi kemungkinan penyakit berdasarkan gejala-gejala yang dirasakan.

ApaSakitKu dikembangkan Smartindo Access dengan algoritma khusus yang disusun oleh tim dokter ApaSakitKu.

CEO Smartindo Access, dr Handri Febriansyah menjelaskan Tim programer dan tim dokter yang digawanginya telah bekerja keras menciptakan aplikasi kesehatan yang interaktif dan informatif serta mudah diakses oleh masyarakat Indonesia.

Hanya dengan memasukkan gejala-gejala yang dirasakan, lanjutnya, pengguna dapat langsung mengetahui kemungkinan penyakit yang diderita.

"Pengguna juga akan diberikan peringatan jika penyakit yang diderita merupakan penyakit gawat dan harus segera dibawa ke rumah sakit," kata dia belum lama ini di Jakarta.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur konsultasi dokter gratis. Jika membutuhkan informasi tambahan, pengguna dapat langsung berkonsultasi gratis dengan dokter lewat fitur chatting di dalam aplikasi ApaSakitKu. Jangan khawatir, konsultasi dokter ini bersifat rahasia dan telah sesuai dengan Etika Kedokteran, Undang-undang Praktik Kedokteran, dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Walaupun telah dilengkapi fitur konsultasi dokter, menurut dr Handri Febriansyah, aplikasi ApaSakitKu tidak bermaksud dan tidak dapat menggantikan konsultasi tatap muka secara langsung dengan dokter. 

Dr. Handri menambahkan, untuk mendiagnosis suatu penyakit dengan tepat, tetap dibutuhkan pemeriksaan fisik secara lengkap. Aplikasi ini sifatnya hanya membantu memberikan informasi kesehatan yang memadai.

"Kami justru mendorong masyarakat untuk datang ke fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di sekitar," katanya lagi.

Dr. Handri menambahkan, aplikasi ApaSakitKu juga dilengkapi fitur maps fasilitas kesehatan. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat, baik itu rumah sakit, klinik, praktek dokter, maupun apotek. Dengan hadirnya ApaSakitKu, diharapkan masyarakat mendapatkan informasi kesehatan yang memadai untuk menyelamatkan dirinya sendiri dan menolong orang-orang di sekitarnya.

Fitur lain yang dapat pengguna nikmati dalam aplikasi ApaSakitKu, antara lain fitur BMI (Body Mass Index), kalender kehamilan, kebutuhan air dan kalori, tips P3K, dan lain-lain. Saat ini, ApaSakitKu dapat diunduh secara gratis melalui Google Playstore.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement