Jumat 28 Aug 2015 07:02 WIB

Penderita Obesitas Sulit Kembali ke Berat Badan Normal

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Obesitas (Ilustrasi)
Foto: Foxnews
Obesitas (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda masih memiliki badan normal, maka rawat dan jaga dengan baik. Menurut studi baru, peneliti menemukan bahwa orang obesitas tidak mungkin untuk pulih kembali ke badan normal.

Pernyataan yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health ini mengemukakan hasil yang begitu mengejutkan. 1 dari 210 pria gemuk dan 1 dari 124 wanita gemuk memiliki kesempatan berbadan sehat.

Pada peserta penelitian, ditemukan bahwa 1 dari 12 laki-laki dan 1 dari 10 wanita memiliki kesempatan kehilangan lima persen berat badan mereka. Sepertiga dari berat badan keseluruhan pasien akan berfluktuasi dari waktu ke waktu.

Bagi mereka yang didiagnosis menderita obesitas berat, kesempatan memiliki berat badan normal kembali hanya 1 banding 1.290 untuk pria dan wanita.

"Setelah dewasa menjadi gemuk, sangat tidak mungkin bahwa mereka akan kembali ke berat badan yang sehat. Pendekatan baru sangat dibutuhkan untuk menangani masalah ini," kata penulis pertama Alison Fildes, dalam siaran pers yang dilansir dari Foxnews, Jumat (28/9).

Penelitian yang diikuti 279 ribu pria dan wanita dilakukan oleh King College London melalui catatan kesehatan Inggris tahun 2009 hingga 2014 dilakukan untuk melacak perubahan berat badan. Mereka mencatat bahwa hasil kegagalan kesehatan masyarakat saat ini berada pada lingkup mencoba memperbaiki obesitas.

Menurut  Aliison Fildes, permasalahan obesitas harus fokus kepada pencegahan pasien dengan kelebihan berat badan. Para ahli harus membantu mereka menurunkan berat badan dan menjaga agar bisa mempertahankan berat tersebut. Hal yang paling penting tetap kepada pencegahan kenaikan berat badan pada masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement