Rabu 19 Aug 2015 07:19 WIB

Haruskah Flu Diobati dengan ke Dokter?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ketika tubuh terserang flu perbanyak istirahat, tambah konsumsi air putih, dan pastikan melahap makanan bergizi seimbang.
Foto: imgkid
Ketika tubuh terserang flu perbanyak istirahat, tambah konsumsi air putih, dan pastikan melahap makanan bergizi seimbang.

REPUBLIKA.CO.ID, Jika sudah terserang influenza, apa sebaiknya yang harus Anda lakukan? Atasi sendiri atau harus ke dokter? Dalam kondisi seperti apa penderita influenza harus segera ke dokter?

dr Ade Mutiara mengatakan sebenarnya influenza ini bisa sembuh sendiri dalam waktu tujuh hari. Kita hanya cukup istirahat total di dalam rumah.

Selain istirahat cukup, makan juga harus diperhatikan, makan yang cukup dengan gizi seimbang. Ini berlaku untuk anak dan dewasa.

Tapi di Indonesia, penyakit flu kadang juga ada bakteri yang menyertainya. Ini karena udara di Indonesia sudah dicemari bakteri. Maka akibatnya seseorang akan menderita infeksi seperti radang tenggorokan. “Ini adalah komplikasi flu,” ujarnya.

Jika sudah ada infeksi, maka segera bawa ke dokter dan harus mendapatkan pengobatan sesuai dengan resep dokter. Biasanya akan diberikan antibiotik. Namun, kalau kita murni hanya sakit influenza, tidak perlu antibiotik.

Ade juga menyarankan bagi Anda yang sudah terserang flu, perbanyak konsumsi air putih, supaya saluran nafas tidak kering dan terjaga kelembabannya. Sehingga tidak mudah terinfeksi. Pada anak yang masih menyusu ASI, maka teruslah menyusui. Karena ASI memiliki zat antibodi yang lengkap.

Untuk mengencerkan atau mempercepat pengeluaran ingus, bisa konsumsi sup hangat atau sayuran hangat. Bisa pula dengan susu hangat.

Pada anak, jika anak sudah batuk dan kesulitan mengeluarkan dahak dan ingus, bisa melakukan terapi uap. Dimana terapi ini bisa membantu anak mengeluarkan dahak dan menghilngkan sumbatan pada saluran hidung anak.

Ade juga menyarankan agar kita melakukan vaksinasi influenza. Vaksin ini dilakukan setahun sekali. Bisa dilakukan pada anak dan dewasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement