Kamis 06 Aug 2015 09:31 WIB

Cegah Hepatitis dan Kanker Hati dengan Dua Cara Ini

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah pengunjuk rasa membentangkan tulisan saat menggelar aksi memperingati Hari Hepatitis se-dunia di Denpasar, Selasa (28/7).
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Sejumlah pengunjuk rasa membentangkan tulisan saat menggelar aksi memperingati Hari Hepatitis se-dunia di Denpasar, Selasa (28/7).

REPUBLIKA.CO.ID, Hati merupakan organ dalam tubuh yang harus dijaga. Apabila rusak maka fungsi pentingnya tidak dapat bekerja dengan baik. Fatalnya Anda dapat terkena penyakit hepatitis dan kanker hati yang berbahaya untuk kesehatan. 

“Saya juga menemukan di lapangan kurang lebih 80 persen datang ke rumah sakit pada saat penyakit ini sudah masuk fase lanjut, kadang sudah tidak dapat diobati,” ujar Dr Rino A Gani, SpPD-KGEH, selaku Ketua Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI), Rabu (5/8). Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan hati.

Tinggalkan alkohol

Alkohol di hati akan disaring dan dibuang. Hal ini disebabkan karena alkohol dianggap racun oleh hati. Akan tetapi ternyata proses ini dapat menyebabkan kerusakan hati. Alkohol juga dapat memperburuk keadaan pasien yang mengidap penyakit hepatitis C. Sebisa mungkin anda meninggalkan alkohol dan obat penghilang rasa sakit. Apabila keduanya dikonsumsi secara bersamaan, maka kerusakan hati akan semakin parah.

Konsumsi makanan sehat

Tempat memproduksi nutrisi yang diperlukan di tubuh terdapat di hati. Apabila Anda tidak menjaga kesehatan hati, maka tubuh tidak akan memperoleh nutrisi yang berasal dari hati. Dampaknya Anda akan merasa lelah, lemas dan tak nafsu makan. Mulai dari saat ini perhatikan asupan nutrisi agar tubuh tetap pada berat badan yang ideal dan tetap memperoleh energi yang cukup dan seimbang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement