Rabu 05 Aug 2015 06:32 WIB

Wajib Tahu! Inilah Fakta Urin yang Menarik

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Urin (Ilustrasi)
Foto: Google
Urin (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam sehari kita pasti pergi ke kamar mandi atau toilet untuk membuang air kecil. Tempat tersebut biasanya akan berwarna kuning jika tidak disiram dengan bersih, karena air kencing mengandung urin.

Urin merupakan cairan yang terdiri dari bahan limbah dari proses metabolisme tubuh Anda. Urin Mengandung asam urat, natrium klorida, dan beberapa bahan limbah dan air.

Dalam beberapa kasus, makanan yang Anda makan dapat menyebabkan urin menjadi bau. Bakteri dan organisme mikro lainnya juga dapat mempengaruhi bau urin Anda. Kadang-kadang, beberapa penyakit juga dapat membuat bau urin Anda menjadi buruk.

Beberapa makanan dapat mengubah warna kencing Anda. Jika Anda mengamati warna aneh atau bau dalam urin Anda, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter karena mungkin telah terjadi gangguan atau masalah dengan sistem ekskresi Anda.

Dilansir Boldsky Rabu (5/8) berikut fakta urin yang perlu Anda ketahui:

1. Sekilas, jika kita melihat urin mengandung creatine yang berfungsi meningkatkan pasokan energi, asam urat dan bahan limbah dari darah.

2. 2 kandung kemih Anda dapat menyimpan hampir 2 cangkir urin dalam beberapa jam. Ketika jumlah cairan meningkat, Anda mungkin perlu untuk melepaskan urin.

3. Jika bau urin seperti gas amonia, maka berarti orang tersebut mengalami dehidrasi. Jika memiliki bau busuk, orang tersebut perlu untuk memeriksa infeksi kandung kemih. Mereka yang menderita infeksi hati juga dapat menyebabkan urin menjadi bau.

4. Rata-rata orang mungkin buang air kecil setidaknya 6 liter cairan. Tentu saja, ini dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement