Selasa 04 Aug 2015 07:40 WIB

Kopi Hitam Bantu Turunkan Berat Badan

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Secangkir kopi
Foto: Republika/Prayogi
Secangkir kopi

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini meminum kopi sudah menjadi gaya hidup yang sulit dilepaskan oleh masyarakat perkotaan pada umumnya. Mereka berharap bisa berstamina sepanjang hari, tapi tidak sedikit juga yang meminumnya untuk penurunan berat badan.

Tanpa bisa dipungkiri, kopi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Menurut studi yang diterbitkan International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan bahwa atlet terlatih yang mengkonsumsi kopi sebelum latihan membakar sekitar 15 persen lebih banyak kalori selama tiga jam masa latihan daripada mereka yang mengkonsumsi plasebo.

Dilansir dari Allwomenstalk Senin (3-8), berikut ini alasan mengapa kopi hitam baik untuk menurunkan berat badan.

Pertama, memperbaiki sirkulasi darah. Majalah kesehatan menjelaskan bahwa orang yang meminum 5 ons kopi hitam setiap harinya akan meningkatkan 30 persen sirkulasi darah kapiler. Ketika sirkulasi darah meningkat berarti oksigenasi pun akan meningkat pada jaringan tubuh, hal ini yang membuat hasil latihan lebih baik.

Kedua, kopi mengurangi rasa nyeri. Penelitian dari University of Illinois mengungkapkan bahwa setelah melakukan latihan selama setengah jam, kemudian meminum dua atau tiga cangkir kopi akan meredakan nyeri otot. Jika Anda mengkonsumsi dua cangkir kopi sebelum latihan, menurut Journal of Pain akan membuat waktu latihan Anda lebih lama. Penyebabnya karena dua cangkir tersebut sudah dapat mengurangi nyeri otot hingga 48 persen saat latihan berlangsung.

Ketiga, menambah energi. Ketika rasa nyeri pada otot bisa teratasi, maka akan lebih lama durasi latihan yang dilakukan. Penambahan durasi pun harus dibarengi dengan energi yang sesuai. Dengan mengkonsumsi kopi, meningkatkan kinerja latihan yang setara dengan memotivasi tubuh memberikan energi lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement