Selasa 04 Aug 2015 06:14 WIB

Manfaat Tersembunyi di Balik Secangkir Kopi Murni

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Secangkir kopi paling nikmat diminum di pagi hari, tapi benarkan pagi merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk merasakan manfaat kopi.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Secangkir kopi paling nikmat diminum di pagi hari, tapi benarkan pagi merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk merasakan manfaat kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, Meminum kopi murni memang tidak semua orang suka. Terlebih lagi dengan tanpa tambahan rasa apapun. Hal ini yang terkadang dihindari oleh masyarakat tanpa peduli manfaat yang akan didapatkan.

Kopi murni menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi daripada kopi dengan pemanis atau campuran lain. Jika teratur dalam meminum kopi, jangan heran jika berat badan akan ikut menurun dan juga membuat metabolisme meningkat.

Manfaat lainnya dari mengkonsumsi kopi murni adalah dapat menjaga otot. Menurut Brain-Derived Neurotropik Factor (BDNF) dilansir dari Allwomenstalk Selasa (4/8), mengkonsumsi kopi murni memiliki kontribusi kepada otot untuk mencapai tingkat neuromotor lebih tinggi. Diketahui, bahwa otot tidak akan bisa bekerja tanpa campur tangan dari neuromotor, dan penyakit yang akan muncul ketika neuromotor menurun adalah atrofi otot.

Keuntungan lainnya dari mengkonsumsi kopi murni adalah meningkatkan daya ingat. Kopi dapat membuat daya ingat lebih besar. Anda akan merasa lebih mudah mempelajari sesuatu dengan meminum kopi. Menurut Johns Hopkins University, 200 miligram kafein membangun daya ingat orang agar tetap stabil selama 24 jam.

Meskipun kopi mengandung manfaat yang begitu baik untuk tubuh, kontrol terhadap konsumsi kopi pun penting untuk diingatkan. Dianjurkan untuk meminum hanya satu atau dua cangkir per hari dan waktu terbaik untuk meminumnya pada saat pagi dan sore hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement