Senin 03 Aug 2015 12:20 WIB

Makanan Rendah Lemak tak Selalu Lebih Sehat

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Makanan rendah lemak justru kerap mengandung gula dan komposisi lain agar rasanya enak. Waspadai makanan rendah lemak bila ingin makan sehat.
Foto: losefatbellyfast
Makanan rendah lemak justru kerap mengandung gula dan komposisi lain agar rasanya enak. Waspadai makanan rendah lemak bila ingin makan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, Keinginan memiliki tubuh yang bugar memicu banyak perempuan mulai hidup sehat. Beragam bacaan pun turut dilahap untuk menjadi panduan hidup sehat.

Masalahnya ada beragam sumber informasi tentang apa yang harus dilakukan demi hidup sehat. Banyak informasi justru membuat makin bingung? Tentu saja. Apapun itu yang Anda lakukan untuk hidup sehat, pastikan dua hal ini tidak dilakukan. 

Alkohol

Alkohol mungkin salah satu penyebab Anda tidak memiliki badan yang bugar. Beberapa orang tidak menyadari betapa banyak kalori yang terdapat dalam minuman beralkohol. Gawatnya biasanya justru Anda menganggap minuman beralkohol adalah sekedar salah satu minuman ringan. Nyatanya itu justru dapat memperburuk kesehatan tubuh.

Rendah lemak

Saya melihat banyak orang beranggapan bahwa karena sesuatu yang diberi label rendah lemak, itu berarti sudah pasti sehat. Ini tidak berbicara tentang makanan rendah lemak alami seperti sayuran dan buah, namun sedang berbicara tentang makanan yang diproses "rendah lemak" seperti kerupuk, sarapan sereal dan produk susu. 

Sebagian besar produk ini mengandung gula atau komposisi lain untuk membuat rasa panganan tersebut menjadi enak. Jadi, saat mengkonsumsi panganan rendah lemak, Anda pada dasarnya masih mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi. 

Gula tidak memberikan nilai gizi untuk tubuh Anda. Membaca bahan label dengan hati-hati dan melihat seberapa banyak gula dalam komposisis makanan Anda merupakan salah satu cara yang terbaik untuk menyeleksi makanan berlabel rendah lemak, seperti dikutip dari Womansrunning.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement