Senin 03 Aug 2015 11:58 WIB

Ingin Hidup Sehat? Berarti Jangan Lakukan Ini

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Membatasi makanan justru tidak menguntungkan bagi mereka yang ingin menjalani hidup sehat.
Foto: lifegoodarizona
Membatasi makanan justru tidak menguntungkan bagi mereka yang ingin menjalani hidup sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, Anda biasanya beralasan untuk membeli majalah karena di dalamnya terdapat tips cepat dan mudah untuk hidup sehat dan bugar. Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda tentang cara terbaik dan tepat untuk melakukan pola hidup sehat. 

Akibatnya banyak kebingungan bagi perempuan karena mereka dibombardir dengan solusi yang berbeda untuk masalah kesehatan dan kebugaran mereka. Apapun itu solusinya, setidaknya ada beberapa kesalahan yang kerap dipraktikkan perempuan yang ingin hidup sehat. Apakah itu?

Latihan berlebihan

Melelahkan diri sendiri di gym selama berjam-jam benar-benar bisa menghambat hasil penurunan berat badan Anda. Banyak yang berpikiran bahwa rutinitas gym akan membawa mereka ke berat badan ideal secara cepat. 

Mereka berpikir bahwa semakin banyak mereka melatih diri untuk berolahraga, maka hasil yang diinginkan akan segera datang. Namun, ini benar-benar dapat memiliki efek berlawanan pada tubuh, seperti dikutip dari Womansrunning.

Overtraining atau latihan berlebihan dapat meningkatkan tingkat kortisol tubuh Anda (hormon stres Anda), yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Overtraining menyebabkan mekanisme perlindungan tubuh akan benar-benar mencegah Anda dari proses efektif pembakaran lemak

Membatasi dan makan sebanyak-banyaknya

Diet yang “mengurangi” dan “membatasi” itu sebenarnya justru tidak bekerja. Hasilnya pun biasanya tidak bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

Ketika Anda memilih diet ketat kalori, Anda tidak memberikan tubuh Anda dengan nutrisi yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Hal ini dapat benar-benar mengacaukan metabolisme dan hormon di dalam tubuh. 

Sangat penting untuk makan makanan bergizi yang sehat dan tidak hanya memberikan Anda energi untuk bergerak. Akan tetapi juga membantu Anda menjalani hidup sehari-hari. Dengan diet yang seperti merampas diri sendiri, Anda kehilangan nutrisi penting. 

Akibatnya Anda lelah dan sakit. Kebiasaan buruk pun muncul, ketika Anda lelah untuk diet, Anda justru mulai kembali ke kebiasaan lama yaitu makan berlebihan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement