Senin 03 Aug 2015 07:11 WIB

Timun Dinilai Mampu Cegah Kanker

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Timun memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh.
Foto: pixabay
Timun memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Dengan kandungan air yang melimpah, mentimun sangat cocok dikonsumsi saat siang hari ketika suhu sangat panas.

Selain itu timun juga banyak mengandung berbagai nutrisi yang mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Berikut manfaat mentimun bagi kesehatan Anda seperti yang dilansir Fitene Pada Senin (3/8).

Kesehatan Ginjal

Mentimun dapat membantu untuk meringankan masalah pada kandung kemih dan juga ginjal. Kandungan air yang melimpah pada sayuran ini akan membantu fungsi ginjal dalam proses urinasi (produksi air kemih).

Mencegah Kanker

Salah satu manfaat kesehatan yang diberikan mentimun adalah kemampuannya untuk melawan dan mencegah kanker. Para peneliti telah membuktikan bahwa mentimun efektif mengatasi gejala prostat, kanker payudara, ovarium, paru-paru dan kanker rahim. Hal ini disebabkan banyak vitamin yang terkandung dalam mentimun, bersama dengan zat seperti lutein, fisetin, dan asam caffeic mencegah penyakit kanker. Mereka juga mengandung cucurbitacins, yang telah terbukti memblokir jalur penyebaran kanker.

Mencegah Mabuk

Kadar air, elektrolit, gula dan vitamin B dalam mentimun mengisi nutrisi penting yang mengatasi dehidrasi. Kekurangan air atau biasa disebut dehidrasi dapat menyebabkan pusing dan badan terasa lemas, hal ini yang dikatakan dengan gejala mabuk.

Melindungi Otak

Di dalam mentimun terdapat sejumlah zat yang bernama flanavol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada sebuah penelitian terhadap tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement