Senin 03 Aug 2015 05:26 WIB

Manfaat Timun Bagi Kesehatan Anda

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Khasiat timun
Foto: Allwomenstalk
Khasiat timun

REPUBLIKA.CO.ID, Mentimun adalah sayuran yang banyak mengandung air, sehingga sangat segar. Selain pelengkap makanan, tidak heran jika mentimun juga sering digunakan untuk perawatan tubuh.

Seperti yang dilansir Fitene Ahad (3/8) berikut manfaat mentimun bagi tubuh kita.

Kosmetik dan perawatan kulit

Banyak orang yang spa menggunakan lumpur untuk wajah lalu menambahkan mentimun di kedua matanya. Salah satu manfaat kesehatan dari mentimun adalah sifat anti-inflamasi yang mengurangi kantung mata. Dan, apakah Anda tahu kulit mentimun memiliki manfaat sama seperti lidah buaya, yaitu untuk menenangkan dan meringankan jaringan kulit yang iritasi.

Menurunkan berat badan

Mentimun yang miliki kadar air hingga 95 persen sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain kaya akan kadar air mentimun juga mengandung serat. Serat membantu tubuh Anda merasa kenyang lebih lama dan juga mengatasi pencernaan. Mentimun juga bisa untuk menurunkan berat badan karena mengandung vitamin B. Mengunyah mentimun setiap hari dapat meningkatkan energi dan sayuran ini memiliki kalori yang rendah sehingga membuat tubuh menjadi sehat.

Kesehatan tulang dan sendi

Buah mentimun mengandung silika yang dapat meningkatkan kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat (jaringan penghubung antar sendi). Mentimun juga mengandung kalsium yang sekaligus memperbaiki kesehatan tulang secara menyeluruh.

Mengurangi bintik hitam

Parutan mentimun yang dibaluri ke daerah wajah dan leher, dipercaya mampu mengurangi bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Hal ini karena mentimun dapat digunakan sebagai tonik alami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement