Kamis 30 Jul 2015 10:29 WIB

Makan Buah dan Sayur Bisa Cegah Kanker Payudara

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Buah dan sayuran di dalam kulkas.
Foto: G4.leapfroglighting.com
Buah dan sayuran di dalam kulkas.

REPUBLIKA.CO.ID, Buah dan sayur tidak hanya bermanfaat mencegah dehidrasi dan membuat tubuh bugar. Makan buah dan sayur yang kaya akan serat, vitamin, nutrisi dan protein mampu memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Dilansir dari Allwomenstalk Kamis (30/7) berikut manfaat lanjutan dari mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin.

Memerangi radikal bebas

Buah mengandung beberapa nutrisi dan enzim yang akan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dan mengurangi peradangan dalam tubuh Anda. Nanas misalnya, mengandung enzim protein yang dapat mengurangi peradangan. Itu hanya salah satu contoh dari antioksidan kuat dalam buah yang dapat melawan radikal bebas.

Meningkatkan mood

Makan buah memiliki dampak langsung pada suasana hati Anda. Sebuah sereal dicampur dengan pisang tidak hanya menjadi sarapan yang sehat, tetapi akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Hal itu karena pisang mengandung vitamin B6, yang membantu mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin yang penting untuk merubah suasana hati.

Menghindari dari kanker payudara

Salah satu alasan terbaik untuk makan buah adalah mengurangi risiko kanker payudara. Anda harus memilih makanan untuk mendapatkan karotenoid yang akan memperkuat sistem pertahanan tubuh terhadap kanker payudara. Mengonsumsi pepaya atau mangga adalah buah yang kaya karotenoid. Mengonsumsi buah untuk mengurangi risiko kanker sebesar 17 persen. Demikian pula, dengan makan pisang empat sampai enam kali dalam seminggu akan menurunkan risiko kanker ginjal.

Meningkatkan gizi dalam tubuh

Buah menyediakan banyak nutrisi penting yang diperlukan untuk tubuh. Menambahkan buah dalam menu makan harian Anda akan memuat tubuh dengan fluoride, kalium, dan zat besi. Fluoride akan memperkuat gigi dan tulang, zat besi membantu pembentukan sel darah merah, dan kalium membantu menghasilkan cairan yang mengatur tekanan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement