Rabu 29 Jul 2015 08:50 WIB

Pertama dalam Sejarah Medis, Dokter Berhasil Lakukan Transplantasi Ganda

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Dwi Murdaningsih
Peralatan bedah saat operasi (Ilustrasi)
Foto: asianlivercentre.com.sg
Peralatan bedah saat operasi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PHILADELPHIA -- Seorang anak berusia delapan tahun menerima transplantasi dua tangan sekaligus, Selasa (28/7). Ini menjadi transplantasi ganda pertama dalam sejarah medis di dunia.

Anak tersebut bernama Zion Harvey dan berasal dari Philadelphia. Ia kehilangan kedua kaki dan tangannya beberapa tahun lalu karena harus diamputasi, setelah mengalami infeksi serius.

Tim dokter memasang lengan dan tangan Zion melalui operasi selama 10 jam. Hingga akhirnya kini ia memiliki dua tangan baru. Pada NBC News, Zion mengaku sangat bahagia.

Ia mengatakan ingin menggendong adik kecilnya dengan dua tangan baru itu. "Hal yang saya suka dan tunggu-tunggu adalah ia berlari ke arahku dan aku menggendongnya," kata Zion.

Ibunya, Pattie Ray mengaku sangat bahagia dan terharu. "Ketika melihat tangan Zion untuk pertama kalinya setelah operasi, aku merasa ia seperti lahir kembali," ucap Ray.

Dokter L. Scott Levin yang memimpin operasi transplantasi memuji keberanian bocah kecil tersebut. "Saya tidak melihat adanya air mata, keluhan, wajah kesakitan. Ia selalu positif, dan itu luar biasa," kata Dr Levin.

Levin menjelaskan tangan donor dipasang dengan menghubungkan tulang, saluran darah, syaraf, otot, tendon dan kulit. Ia mengatakan darah Zion langsung mengalir ke tangan tersebut.

"Tangan itu hidup sekarang dan jadi bagian tubuhnya, tidak berbeda dengan tangan saya atau tangan anda," kata Dr Levin. Meski demikian, Zion baru benar-benar akan merasakan tangan barunya setelah enam sampai sembilan bulan kedepan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement