Selasa 28 Jul 2015 19:09 WIB

Faktor Genetik Menjadi Penyebab Anda Mengidap Wasir

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Wasir
Wasir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda sering mendengar penyakit wasir atau ambeien? Atau justru pernah mengalaminya? Sebenarnya apa perbedaan wasir dan ambeien? Apa yang menyebabkan penyakit ini?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Ari Fahrial Syam, MD.PhD,FACP dari Division of Gastroenterology, Department of Internal Medicine, University of Indonesia, menjelaskan wasir atau ambeien pada dasarnya sama, tidak ada perbedaan. Hemoroid atau ambeien adalah suatu penonjolan pembuluh darah disekitar anus.

"Hemoroid terjadi pada saat mengejan pada waktu defekasi (proses pengeluaran sisa-sisa pencernaan berupa tinja atau feses yang dikeluarkan melalui anus)," jelasnya kepada Republika Online, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan wasir atau ambeien terjadi karena peningkatan tekanan intraabdominal (didalam perut). Wasir juga disebabkan oleh olah raga weight lifting yang berlebihan, yaitu latihan yang menekankan pada beban yang berat, yang biasanya bertujuan untuk mencapai prestasi dalam olahraga angkat berat. Selain itu, penyakit ini juga disebabkan oleh kelainan genetik di mana plexus hemoroidales tidak berkatup.

Dokter Ari menambahkan selain faktor genetik, faktor keturunan juga bisa menyebabkan wasir, yaitu adanya kelainan darah. Dan bagi pasien yang terlalu banyak duduk atau terlalu sering berdiri juga rentan alami wasir. Bahkan ibu hamil juga berisiko menderita ambeien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement