Rabu 15 Jul 2015 09:00 WIB

Berhenti Minum Soda Jika tak Ingin Kelebihan Gula Darah!

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Makanan manis memang enak namun waspadai dampaknya pada hati.
Foto: Republika/Amin Madani
Makanan manis memang enak namun waspadai dampaknya pada hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Kesehatan Dunia menagatakn bahwa orang dewasa rata-rata mengonsumsi lebih dari 25 gram gula sehari.

Satu botol Coca-Cola, misalnya, mengandung 39 gram gula. Makan makanan yang tinggi gula dapat menyebabkan pelbagai penyakit pada tubuh.

Dari sekarang, sebelum Anda terserang diabetes, ada baiknya segera menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Dilansir dari laman Huffingtonpost Rabu (15/7) berikut penjelasannya.

Kurangi Gula Saat Minum Kopi

Cobalah mengurangi jumlah gula yang Anda gunakan sedikit demi sedikit. Mulailah bergantung pada susu penuh lemak untuk memberikan kepuasan. Gunakan alternatif lain selain gula. Misalnya lengkapi kopi Anda dengan susu dan krim agar rasanya tetap nikmat.

Berhenti Minum Soda

Satu kaleng pada minuman Coke mengandung 39 gram gula. Meskipun minuman ini mempromosikan di label bahwa Coke rendah gula, itu tidak ada gunanya dalam perang melawan gula. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Yale Biologi dan Kedokteran, pemanis buatan dalam minuman ini menyebabkan orang untuk makan berlebihan, atau overcompensate. Manisnya gula pada minuman soda menimbulkan efek samping yang mirip dengan kecanduan, membuat peminum menginginkan lebih banyak gula.

Pilih Makanan Sehat

Para peneliti dari Cornell University menemukan bahwa mengemil sesuatu yang bergizi seperti apel benar-benar mendorong pembeli untuk membeli 25 persen lebih banyak buah dan sayuran dari biasanya. Makanan yang tinggi akan gula akan dikurangi sedikit-demi sedikit karena terbiasa mengonsumsi gula alami yang berasal dari buah-buahan.

Hindari Outlet Makanan Manis

Hindari outlet makanan yang mengandung tinggi gula di supermarket. Kunjungi outlet daging dan seafood, makanan yang Anda harus fokuskan. Jika Anda menghindari lorong yang berisi rak-rak permen manis, Anda akan cenderung untuk membeli makanan yang lebih sehat dan rendah gula.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement