Senin 06 Jul 2015 06:00 WIB

Olahraga Saat Puasa Bantu Proses Detoksifikasi

Rep: C33/ Red: Winda Destiana Putri
Olahraga bersama (Ilustrasi)
Foto: Foxnews
Olahraga bersama (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa kadang membuat umat Muslim malas beraktifitas, apalagi untuk berolahraga. Tapi ternyata olahraga di waktu puasa bisa membantu proses detoksifikasi dari dalam tubuh.

Detoksifikasi atau secara sederhana berarti proses pengeluaran racun dalam tubuh terjadi pada saat sistem pencernaan manusia bekerja. Apabila umat Muslim sedang puasa maka sistem pencernaan sedang beristirahat. Hal itu disetujui ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes yang mengatakan detoksifikasi terjadi lebih baik ketika puasa.

"Puasa itu sebagai proses detoksifikasi alami karena pencernaan istirahat jadi kerjanya lebih ringan," katanya kepada Republika dalam diskusi yang diselenggarakan Sequis.

Ia menjelaskan pentingnya berolahraga ketika puasa. Menurutnya, olahraga akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Dengan demikian proses detoksifikasi dalam tubuh tetap terjadi dengan maksimal.

Oleh karena itu, puasa tidak akan menghentikan proses detoksifikasi tubuh. Rita menganjurkan umat Muslim jangan hanya bermalas-malasan saat puasa, jangan hanya tidur dan menonoton televisi sambil menunggu waktu berbuka. Ketika puasa umat Muslim harus tetap melakukan aktivitas fisik seperti biasanya supaya detoksifikasi tubuh tetap berjalan lancar.

Umat Muslim pun diharapkan tidak takut kelelahan untuk menjalankan olaharga ketika puasa."Kalau olahraga atau aktifitas tinggi itu tubuh ambil tenaga dari cadangan lemak," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa lemas ketika puasa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis sehingga saat sahur makan kurang bertenaga.

Malahan ia menjelaskan jika terlalu banyak tidur dan istirahat bisa membuat tubuh lemas selama puasa. Meski tidurnya orang yang sedang berpuasa memang berpahala namun tidak berarti kita terus-terusan tidur hingga menjelang berbuka puasa.

Sehingga umat Muslim perlu merubah pola pikirnya dengan jika tidur saja berpahala apalagi melakukan aktivitas yang bermanfaat seperti berolahraga. Namun tentunya ada syarat dan ketentuannya agar olahraga dan puasa bisa saling mendukung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement