Ahad 05 Jul 2015 18:02 WIB

Minuman Bergula Akibatkan Ribuan Kematian Tiap Tahun

Rep: C38/ Red: Indira Rezkisari
Sebuah studi terbaru menyebutkan, minuman berkadar gula tinggi menewaskan sekitar 184 ribu orang per tahun.
Foto: wikimedia
Sebuah studi terbaru menyebutkan, minuman berkadar gula tinggi menewaskan sekitar 184 ribu orang per tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda menyukai sensasi dingin minuman bersoda, barangkali Anda perlu mempertimbangkan apakah rasa itu sepadan dengan risikonya. Sebuah studi terbaru menyebutkan, minuman berkadar gula tinggi menewaskan sekitar 184 ribu orang per tahun.

“Banyak negara di dunia memiliki angka kematian yang signifikan akibat konsumsi minuman berkadar gula tinggi,” kata Dariush Mozaffarian, salah satu peneliti dari Tufts University, Boston, dilansir dari Muslim Village, Ahad (5/7).

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association’s Circulation ini merujuk berbagai minuman yang mengandung pemanis, mulai dari soda, minuman berperisa buah, minuman penambah stamina, sampai es teh manis. Menurut penelitian, 184 ribu kematian terjadi di seluruh dunia akibat terkena diabetes setelah mengkonsumsi minuman berkadar gula tinggi.

Sekitar 45 ribu lain meninggal akibat penyakit kardiovaskular, sementara 6.450 akibat kanker. Semua kasus kematian tersebut dipicu oleh konsumsi minuman berkadar gula tinggi. Tingginya angka-angka tersebut membuat Mozaffarian menyarankan para pecinta soda untuk mengurangi atau menghilangkan kebiasaan mereka.

Ia menambahkan, tidak ada manfaat kesehatan dari minuman berkadar gula tinggi. Pengurangan tingkat konsumsi jenis minuman tersebut akan menyelamatkan ribuan nyawa per tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement