Jumat 03 Jul 2015 03:06 WIB

Makan di Luar Rumah Sumbang Kolesterol Lebih Banyak

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Ilham
Cek kadar kolesterol dalam darah (ilustrasi)
Foto: PA
Cek kadar kolesterol dalam darah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan di luar rumah memberikan sumbangsih kolesterol lebih banyak ketimbang memakan makanan yang serupa di rumah. Hal itu berlaku baik makan di outlet makanan cepat saji atau restoran.

"Orang yang makan di restoran akan mengonsumsi kolesterol lebih banyak secara signifikan per hari ketimbang orang yang makan di rumah," ujar Profesor dari Universitas Illinois, Ruopeng An seperti dikutip dari Gulf News, Kamis (2/7).

An menyebut, kolesterol berlebih yang dikonsumsi mencapai 58 mili gram per hari atau lebih dari 20 persen batas konsumsi kolesterol per hari.

Menurut An, makan di restoran full service tidak lebih baik dari makan di outlet makanan cepat saji. Ia menyatakan, makan di outlet tersebut menyumbang kolesterol ekstra namun hanya 10 mili gram lebih banyak ketimbang orang yang menyiapkan makanan di rumah.

"Saran saya bagi (orang) yang ingin mengonsumsi diet sehat dan tidak kelebihan makan adalah dengan menyiapkan sendiri makanan di rumah. Sebisa mungkin hindari makan di luar," ujar An.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement