Kamis 02 Jul 2015 16:19 WIB

Kenakan Sandal Gladiator Terlalu Lama Bisa Bahayakan Kesehatan

Rep: MG ROL 40/ Red: Hazliansyah
Sandal gladiator setinggi lutut
Foto: graziadaily
Sandal gladiator setinggi lutut

REPUBLIKA.CO.ID, -- Sandal gladiator seringkali jadi pilihan karena modelnya yang unik dan trendi. Apalagi sandal model ini pas dan nyaman untuk dipakai jalan santai.

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa terlalu sering memakai sandal tersebut, terutama jika mengikatnya terlalu ketat akan berdampak buruk bagi kesehatan kaki.

"Sandal model gladiator yang super ketat bisa menekan dinding pembuluh darah sehingga dapat memperlambat aliran darah kembali ke jantung dan menyebabkan kaki jadi membengkak," kata Luis Navarro, M.D., ahli bedah dan direktur medis dari The Vein Treatment Center di New York City, dilansir dari Daily Mail, Kamis (2/7).

Biasanya sandal gladiator terbuat dari sol kulit yang bentuknya datar. Sehingga tidak mampu menahan goncangan pada kaki, terutama kaki bagian

bawah. Jika Anda memakainya terlalu sering, bahan dari kulit sol juga dapat meningkatkan risiko tumit sakit yang disebut plantar fasciitis.

Gangguan tersebut nantinya bisa memicu rasa nyeri yang biasanya muncul saat Anda bangun tidur di pagi hari. Rasa sakit akan muncul ketika Anda pertama kali meletakkan kaki di lantai atau ketika berdiri terlalu lama.

Mengenakannya terlalu sering juga bisa membuat otot tendon yang berada di belakang tumit meregang, termasuk otot-otot betis. Pemakaian sandal jenis ini juga bisa memicu rasa nyeri. Bahkan setelah dua minggu pemakaian.

Tak hanya sandal gladiator sol datar, hampir semua sepatu bertali termasuk espadrilles, gladiator setinggi pergelangan kaki, gladiator setinggi lutut juga bisa menyebabkan lecet atau meninggalkan tanda di kaki sesuai model sandal gladiator yang dipakai.

Masalah sebenarnya adalah sandal gladiator dapat meninggalkan tanda permanen meskipun tak berbahaya.

Navarro juga memperingatkan, sandal ini dapat memicu atau memperburuk spider veins, yaitu pembuluh darah kecil berwarna biru yang membengkak dan jadi terlihat melalui kulit.

Sepatu bertali yang ketat bahkan lebih mungkin untuk meninggalkan tanda ini. Sebaiknya gunakan sandal model ini untuk acara-acara tertentu saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement