Kamis 02 Jul 2015 08:31 WIB

Benarkah Tubuh Perlu Kopi di Pagi Hari?

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir kopi paling nikmat diminum di pagi hari, tapi benarkan pagi merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk merasakan manfaat kopi.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Secangkir kopi paling nikmat diminum di pagi hari, tapi benarkan pagi merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk merasakan manfaat kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah video baru yang dirilis AsapScience Debunks membuat kita berkeyakinan bahwa kopi di pagi hari adalah hal terbaik untuk membantu Anda merasa lebih terjaga setiap tubuh mengawali hari. Ini sebenarnya benar-benar masuk akal.

Seperti yang dilansir dari Cosmopolitan, video itu menjelaskan bahwa ritme sirkadian Anda (siklus alam 24 jam tubuh Anda) mengontrol pelepasan hormon yang disebut kortisol. Kortisol terkait dengan tingkat kewaspadaan di siang hari. Tingkat puncak kortisol anda berada di antara pukul 08.00 hingga 09.00. Seharusnya, Anda tidak harus minum kopi pada waktu itu.

Sejujurnya, Anda tidak benar-benar membutuhkan kafein pada jam tersebut di pagi hari. Kadar kortisol juga memuncak sekitar tengah hari sekitar jam 13.00 dan dari 17.30-18.30. Sehingga selain menghindari kopi selama jam itu, Anda harus mengetahui jam-jam terbaik mengkonsumsi kopi.

Di sisi lain, kadar kortisol terendah yaitu pukul 03.00-04.00 dini hari. Jadi jika Anda terbangun dan terjaga di jam-jam tersebut lalu perlu sedikit dorongan dari dalam tubuh, Anda dapat menikmati kopi pada jam tersebut.

Menonton video ini membuat Anda mengevaluasi kembali segala sesuatu yang sebelumnya diketahui untuk mengganti persepsi anda tentang kopi. Sebaiknya perhatikan waktu-waktu yang dianjurkan dan tidak disarankan untuk meminum kopi. Sehingga, tubuh Anda tidak salah paham dengan apa yang Anda masukkan ke perut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement