Kamis 02 Jul 2015 04:28 WIB

Mengatur Pernafasan Optimalkan Puasa

Rep: c34/ Red: Satya Festiani
Hindari melahap segala makanan yang terhidang saat berbuka, alih-alih puasa justru tidak menyehatkan tubuh.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Hindari melahap segala makanan yang terhidang saat berbuka, alih-alih puasa justru tidak menyehatkan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Menahan hawa nafsu adalah ujian yang harus dilakukan selama berpuasa. Seseorang akan dilanda lapar, haus, dan kelelahan. Belum lagi menahan diri menjaga emosi dan pikiran buruk lainnya.

Agar dapat terus bugar, ada sejumlah tips yang bisa diaplikasikan, seperti yang dikutip dari tribune.com. Cara-cara ini bisa membantu mengurangi kelesuan, bahkan mengoptimalkan ibadah puasa. Baca terus untuk mencari tahu!

1. Mengatur pernapasan

Pernapasan yang teratur adalah kunci, sebab tubuh tidak menerima pasokan makanan dan minuman dalam waktu lama. Cara bernapas yang baik adalah melalui hidung, menghirup udara dalam-dalam menggunakan diafragma, dan perlahan.  Pernapasan yang baik akan menyehatkan sel-sel Anda.

2. Berolahraga

Takut lelah jika berolahraga selama puasa? Jangan salah. Sebaliknya, berolahraga saat berpuasa justru meningkatkan jumlah energi. Sebab, olahraga adalah salah satu cara tercepat di mana tubuh Anda diminta untuk bernapas lebih dalam. Cobalah berjalan cepat selama 15 menit setelah sahur dan Anda akan merasa lebih berenergi dari sebelumnya.

3. Tidur cukup

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur akan membuat Anda merasa lelah. Cobalah tidur untuk waktu yang ideal. Pergi tidur segera setelah tarawih agar segar saat bangun sahur. Tidur sebentar di siang hari juga bagus untuk menjaga tingkat energi sepanjang hari.

4. Membuat jadwal dan tetap sibuk

Alihkan pikiran Anda dari rasa lapar dan kelelahan dengan membuat jadwal rutin yang menyenangkan. Memanfaatkan waktu Anda untuk sesuatu yang berarti, baik itu ibadah, pekerjaan rumah, tugas kantor atau hanya menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga, adalah suatu keharusan.

5. Memilih makanan sehat

Berpikirlah sebelum Anda makan. Terlalu banyak makan gorengan saat sahur dan berbuka? Aduh, pikir-pikir dulu ya. Ingatlah bahwa pilihan makanan tidak sehat akan membuat Anda cepat lelah. Pilihlah makanan sehat yang bisa membantu mempertahankan tingkat energi sepanjang hari. Juga, pastikan minum banyak air untuk menjaga diri tetap terhidrasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement