Selasa 30 Jun 2015 06:09 WIB

Khasiat Bit untuk Turunkan Tekanan Darah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Umbi-umbian bit
Foto: flickr
Umbi-umbian bit

REPUBLIKA.CO.ID, Anda sering mengalami tekanan darah tinggi? Mungkin Anda berfikir hanya ada satu cara menurunkan tekanan darah, yakni dengan menjauhi makanan yang mengandung garam tinggi. Faktanya bukan hanya itu caranya. Dari dapur pun ada bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan tekanan darah.

Bit

Apakah Anda benci sayuran jenis umbi-umbian saat masih kecil? Coba tinggalkan kebencian Anda sekarang. Sebab makanan dari jenis umbi-umbian terutama bit mengandung nitrit, yang bisa membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Hal ini diungkapkan oleh Christine Rosenbloom, PhD, Profesor Emerita di Georgia State University, seperti dilansir dari WebMD, Selasa (30/6).

Bit adalah bentuk tanaman umbi yang dikenal berwarna merah keunguan (ada juga yang hijau), dan umum diolah sebagai sayuran dan jus. Makan atau minum jus bit sebelum olahraga, dapat menurunkan jumlah oksigen otot-otot Anda yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsinya. Ini bisa membuat Anda tetap kuat.

Salah satu menu yang bisa Anda konsumsi berbahan dasar bit bisa Anda buat sendiri. Caranya mudah bungkus bit dalam foil dan panggang dalam oven dengan suhu 400 ferenheit selama 40 menit atau sampai bit empuk. Iris dan bumbui dengan minyak zaitun dan thyme (salah satu jenis rempah daun asal Mesir berbentuk daun). Jika Anda ingin mencoba ingin jenis minuman, minum sekitar empat ons jus bit sebelum latihan atau olahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement