Kamis 04 Jun 2015 13:09 WIB

Kekurangan Vitamin D Picu Depresi Hingga Kanker

Rep: MG ROL 40/ Red: Hazliansyah
Depresi (ilustrasi).
Foto: tribune.com.pk
Depresi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, -- Sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu, selain harus berolahraga, makan makanan yang bergizi juga harus diperhatikan. Bahkan bila perlu mengonsumsi vitamin, terutama vitamin D supaya tubuh Anda lebih kuat. 

Mengapa vitamin D? Hal ini disebabkan karena vitamin D memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jika kebutuhan vitamin D tak terpenuhi, maka anda bisa mengalami depresi.

Menurut studi yang dilakukan para peneliti dari Oregon State University, Amerika, seperti dilansir dari Health Me Up, Kamis (4/6), depresi akibat kekurangan vitamin D biasanya lebih sering dialami oleh para wanita.

Ketika tubuh kekurangan vitamin D, maka kebutuhan nutrisi untuk mempromosikan kesehatan tulang dan fungsi otot ikut berkurang. Bahkan di beberapa kasus, fungsi kekebalan tubuh ikut memburuk sehingga memicu beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Menurut David Kerr, salah satu peneliti, kekurangan vitamin D bisa saja membuat seorang perempuan cenderung merasa sedih atau kelelahan yang berlebihan, serta kehilangan minat dan semangat beraktivitas dan kemungkinan mengalami gangguan pola tidur.

Untuk menghindarkan Anda dari masalah kesehatan ini, sangat dianjurkan untuk sering berjemur saat pagi hari. Sebab sinar matahari pagi jika mengenai kulit akan secara otomatis menghasilkan vitamin D. 

Dan jangan lupa, konsumsi makanan bergizi. Jika perlu, lengkapi dengan suplemen makanan untuk memenuhi rekomendasi vitamin D harian yaitu sebanyak 600 IU per hari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement