Selasa 02 Jun 2015 00:20 WIB

Toilet Bisa Membantu Mengecek Kesehatan Anda

Rep: MGROL 38/ Red: Indira Rezkisari
Saat ke kamar perhatikan feses atau urin untuk mengetahui seberapa sehat kondisi tubuh.
Foto: flickr
Saat ke kamar perhatikan feses atau urin untuk mengetahui seberapa sehat kondisi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Deteksi kesehatan tak selalu perlu dilakukan dengan  ke dokter dan melakukan cek medis. Mendeteksi sendiri kesehatan sebenarnya bisa dilakukan secara dini. Caranya pun terbilang sederhana, yakni cukup dengan memerhatikan toilet Anda.

Mengapa toilet? Sebab toilet adalah tempat dimana Anda membuang kotoran dalam tubuh melalui saluran buang air kecil dan saluran buang air besar. Kesehatan Anda pun dapat dideteksi dari warna, konsistensi, serta bau kotoran Anda tersebut.

Dikutip dari laman Mirror (2/6)), berikut tanda-tanda bahwa kesehatan Anda tengah tidak baik.

Jika feses Anda berwarna cokelat gelap, berair, serta berlendir, itu berarti bahwa Anda disarankan untuk minum banyak air putih, perbanyak olahraga, dan hindari minuman bersoda.

Anda juga membutuhkan diet seimbang dengan makan banyak buah-buahan serta sayur-sayuran. Sedangkan feses yang baik ialah yang berwarna cokelat sedang hingga cokelat keterang-terangan.

Sementara itu, kesehatan juga bisa dideteksi dari warna urin. Jika urin berwarna kuning, Anda mungkin terlalu banyak minum air putih atau tengah mengonsumsi obat. Jika berwarna putih, Anda disarankan untuk makan-makanan yang mengandung fosfat seperti keju dan susu.

Namun yang berbahaya ialah jika urin Anda berbusa atau mendesis karena itu menandakan tengah ada masalah pada ginjal Anda. Dan jika urin Anda berwarna merah muda, Anda perlu waspada karena bisa saja itu merupakan indikator kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement