Jumat 29 May 2015 18:41 WIB

Sudah Benarkah Teknik Flossing Gigi Anda?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Benang membersihkan gigi.
Foto: care2
Benang membersihkan gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan gigi adalah dengan flossing, yaitu menggunakan benang gigi untuk membersihkan plak dan sisa makanan yang terletak diantara gigi. Flossing harus dilakukan dengan baik dan saat yang tepat, jika tidak akan merusak gigi Anda.

Teknik flossing yang salah dan justru membuat gigi Anda mudah rusak. Begini cara yang salah dan bisa merusak gigi tanpa Anda sadari.

Flossing setelah menyikat gigi

Flossing memang baik dilakukan. Namun flossing sebelum menyikat gigi mampu menghilangkan sisa-sisa makanan, flossing sebelum menyikat gigi sama saja dengan melakukan pembersihan awal untuk gigi. Kemudian sikat gigi Anda dan buang pasta gigi keluar tanpa berkumur dengan air. Ini akan menjaga flouride dalam gigi dan membantu mencegah pembentukan plak yang bisa membuat lubang atau rongga gigi.

Flossing ke belakang dan ke depan

Dikutip dari Independent, Jumat (29/5), flossing merupakan salah satu cara yang penting untuk menjaga kebersihkan harian mulut dan gigi Anda. Namun, flossing ini membutuhkan teknik khusus untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Gunakan benang gigi dengan lembut melalui titik kontak antar gigi dan kemudian gesek benang gigi kesisi atas dan bawah pada masing-masing gigi dan masing-masing gingival papilla (segitiga berwarna pink digusi yang berada di antara gigi Anda).

Kemudian tarik benang keluar dengan lembut dari jarak di bawah gingival papilla atau kembali ke titik kontak. Jangan pernah menarik benang gigi ke depan dan ke belakang pada gusi, karena hal ini akan menyebabkan kerusakan gusi dan gigi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement