Jumat 29 May 2015 18:20 WIB

Cara Ini Bisa Merusak Gigi Tanpa Anda Sadari

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Senyum gigi sehat
Foto: pixabay
Senyum gigi sehat

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki gigi putih bersih dan sehat merupakan idaman semua orang. Beragam cara dilakukan demi mendapatkan hal itu. Namun, hal-hal yang Anda lakukan justru bisa merusak gigi tanpa disadari.

Penasaran cara apa yang bisa merusak gigi?

Menyikat gigi setelah sarapan

Banyak ahli mengatakan, sikatlah gigi Anda seusai sarapan. Namun, yang baik sebenarnya adalah menyikat gigi secepat mungkin setelah Anda bangun tidur untuk membersihkan bakteri yang terbentuk semalaman di dalam mulut Anda. Hal ini harus dilakukan. Kemudian setelah Anda sarapan, cukup bilas atau berkumurlah dengan mouthwash yang mengandung fluoride.

Bilas atau berkumur dengan air setelah menyikat gigi

Dikutip dari Independent, Jumat (29/5), jangan berkumur setelah Anda menyikat gigi. Karena ini juga akan membuat fluoride yang terkandung dalam pasta gigi ikut hilang. Padahal fluoride ini bagus untuk gigi dan membantu mengurangi kerusakan atau pembusukan gigi. Cukup membuang busa sisa pasta gigi dengan cara seperti membuang air liur.

Menyikat gigi segera setelah makan

Jangan buru-buru menyikat gigi setelah makan. Anda harus menunggu sekitar 30 sampai 40  menit untuk membiarkan air liur untuk menetralkan secara alami derajat keasaaman (PH) yang rendah di dalam mulut yang disebabkan oleh makanan dan minuman sebelum disikat. Jika Anda menyikat gigi langsung, akan membuat zat asam di dalam mulut ikut tersikat ke dalam gigi. Ini akan menyebabkan erosi dan mengurangi email gigi. Sehingga gigi akan menjadi sensitif dan lemah atau tidak kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement